Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna lambang Gerakan Pramuka Terbaru

Sebagai anggota pramuka, anda pasti mengenal dengan simbol dan lambang gerakan pramuka yang diambil dari bayangan ( silhoutte ) Tunas kelapa kan, bahkan saat kamu menggunakan seragam pramuka simbol - simbol itu ikut menempel di badan kamu, misalkan pada baret dan ring pengikat bed leher. bahkan lambang gerakan pramuka tersebut juga ikut menempel pada buku panduan pramuka.

Lambang itu kemudian akan menjadi akrab seiring dengan berjalannya waktu di kehidupan sehari-hari, karena tunas kelapa itu sering di bikin pajangan di halaman kantor-kantor gerakan pramuka, di papan - papan gugus depan sekolah pun ada lambang tunas kelapa ini. tahukah kamu apa sih makna dari setiap bagian tunas kelapa itu, pernah dibahas sebelumnya kan jika tunas kelapa itu mempunyai banyak makna dan bisa diartikan sebagai salah satu pedoman di dalam kegiatan pramuka.

di bab ini kita akan menjelaskan satu persatu lambang gerakan pramuka dari tunas kelapa itu sendiri, sehingga anda lebih memahaminya lagi dan tidak bingung mengenai pengertian lambagng gerakan pramuka itu apa saja.

Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita - cita setiap anggota pramuka, setiap anggota gerakan pramuka, dalam keputusan Presiden Republik Indonesia, No 448 Tahun 1961 tentang penganugerahan panji kepada gerakan kepanduan praja muda karana ( Pramuka ) dijelaskan tentang makna dan bagian - Bagian tunas kelapa itu apa saja.

Buah Nyiur dalam keadaan Tumbuh

Buah nyiur yang dalam keadaan tumbuh ini dinamakan sebagai " Cikal " dan istilah " Cikal Bakal " di Indonesia berarti penduduk pertama yang menurunkan generasi baru, jadi lambang buah nyiur ini yang tumbuh pada tunas kelapa tersebut mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti dari keberlangsungan kehidupan bangsa Indonesia.

Buah Nyiur dapat bertahan Lama dalam keadaan Bagaimanapun Juga

Menghiaskan bahawa setiap anggota pramuka adalah orang yang rohaniah dan jasmaniah, sehat dan kuat, dan juga ulet dalam menghadapi segala bentuk permasalahan dan kehidupan yang di hadapinya, mampu menghadapi tantangan dalam kehidupan dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi tanah air dan bangsa Indonesia.

Nyiur dapat Tumbuh di Mana Saja

Yang dapat membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan di sekelilingnya, jadi mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimanapun dia berada dan dalam keadaan yang bagaimanapun juga.

Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia
Mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka mempunyai cita-cita yang sangat tinggi dan lurus ke depan, yang memiliki kemuliaan dan jujur ia tetap tegak, tidak mudah goyang dan di ombang ambingkan oleh pengaruh zaman.

Akar nyiur Tumbuh Kuat dan erat dalam tanah

Mengkiaskan tekad dan keyakinan pada setiap anggota pramuka yang berpegang pada dasar - dasar dan landasan - landasan yang baik, benar kuat dan nyata, ialah tekad dan keyakinan yang di pakai oelhenya untuk memperkuat guna mencapai cita - citanya.

Nyiur 

adalah pohon yang serba guna ujungnya atas hingga akarnya , jadi pohon nyiur mengkiaskan setiap anggota pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan kegunaan dirinya kepada tanah air, bangsa dan negara, kesatuan republik Indonesia serta kepada Umat manusia itulah arti kiasan pohon nyiur.

Pencipta Lambang Gerakan Pramuka


Jika anda sudah memahami pengertian lambang gerakan pramuka maka anda wajib mengetahui sejarah penciptaan lambang gerakan pramuka ini, lambang gerakan pramuka ( tunas Kelapa ) tahukah anda siapakah yang menciptakan lambang gerakan pramuka tersebut ..?

Wajib Kamu ketahui, lambang gerakan pramuka tersebut diciptakan oleh bapak Soenardjo admodipuro, seorang pembina pramuka yang aktif bekerja di lingkungan pertanian. Lambang gerakan pramuka ini pertama kali digunakan sejak tanggal 14 agustus 1961, ketika presiden republik Indonesia Ir. Soekarno menganugerahkan panji gerakan kepanduan nasional indonesia kepada organisasi gerakan pramuka melalui keputusan presiden republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang ini kemudian ditetapkan dengan surat keputusan kwartir nasional gerakan pramuka No 06 / KN / 72 Tahun 1972.

Pemakaian dan penggunaan Lambang Pramuka


Lambang gerakan pramuka dapat dipergunakan pada panji, bendera papan Kwartir / satuan , tanda pengenal dan alat administrasi Gerakan pramuka. di pakaian pramuka ada juga lambang tunas kelapa menempel, itu pun salah satu kegunaan adanya lambang gerakan pramuka tersebut.

Penggunaan lambang gerakan pramuka bukan hanya semata mata sebagai alat untuk gaya - gayaan, bukan pula untuk gagah-gagahan, melainkan dimaksudkan untuk menjadi alat pendidikan untuk meningkatkan dan menanamkan sifat dan keadaaan seperti yang termaktub dalam arti kiasan lambang tunas kelapa itu sendiri, pada setiap anggota gerakan pramuka.

Maka setiap anggota pramuka harus mampu mengamalkan dan mempraktekkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya kepada masyarakat sekelilingnya, sebab generasi muda yang tergabung dalam gerakan pramuka diharapkan mampu menjadi kader pembangunan yang berjiwa pancasila, masih hafal dan paham  makna sila pancasila.

Lambang gerakan pramuka berupa gambar silhouette tunas kelapa ini menjadi hak paten dari ditjen hukum dan perundang - undangan departemen kehakiman, dengan keputusan nomor 176634 tanggal 22 oktober 1983 dan nomor 178518 tanggal 18 oktober 1983 tentang hak paten gambar tunas kelapa dilingkari padi dan kapas, serta no 176517 Tanggal 22 oktober 1983 Tentang hak paten tulisan pramuka.

Itulah penjelasan mengenai lambang gerakan pramuka secara lengkap semoga dengan adanya penjelasan ini akan semakin menambah wawasan anda untuk lebih giat dalam memahami kegiatan pramuka, baik siaga, penggalang dan penegak serta pramuka dewasa lainnya, lambang gerakan pramuka ini menjadi salah satu dasar anda paham apa itu gerakan pramuka.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Makna lambang Gerakan Pramuka Terbaru"