Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Mengenai Prinsip dasar dan Metode kepramukaan

prinsip dasar kepramukaan
Pramuka adalah sebuah kegiatan perindukan di berbagai seluruh penjuru dunia, pramuka menjadi latihan perindukan di berbagai wilayah termasuk di indonesia. Pramuka sendiri pun memiliki berbagai macam etika kepramukaan, salah satunya kegiatan pramuka itu sendiri memiliki beberapa pont prinsip dasar dan metode dalam kepramukaan, adapun beberapa prinsip dasar dalam kepramukaan antara lain adalah;

prinsip dasar pramuka


1.iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa

Iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa merupakan salah satu prinsip dasar dalam gerakan pramuka, keimanan dan nilai-nilai keimanan dipertanyakan ketika kalian dididik di dalam kegiatan pramuka, memperdalam iman melalui pramuka, tetap beriman walaupun banyak halangan dan rintangan adalah salah satu prinsip yang harus dipegang teguh oleh adik-adik pramuka dan pembina pramuka.

2. Peduli terhadap bangsa dan tanah air sesama hidup dan alam seisinya

Prinsip kedua adalah rasa kepedulian kita terhadap bangsa dan tanah air ini, sebagaimana para pejuang jaman dahulu, rela mempertahan kan tanah air Indonesia demi memperjuangkan kemerdekaannya, maka kita sebagai anak-anak didikan pramuka dan Pembina pramuka turut serta dalam mempertahan kan tanah air Indonesia, perjuangan dan kenangan turut di jaga, nyawa perjuangan perlu di hormati.

Mencintai alam dan sesama manusia, adalah salah satu tugas kita di dunia, menghargai sesama makhluk tuhan, memelihara ciptaan tuhan menjadikan pondasi rasa kepemilikan dan rasa empati semakin tinggi, orang yang benar – benar anak pramuka akan selalu menghargai sesama manusia dan memelihara alam di sekitarnya.

3. Peduli Terhadap dirinya pribadi

Ketika kepedulian itu diberikan kepada orang lain, maka kepedulian itu sendiri, harus anda tanamkan dalam diri kalian, baik seorang adik pramuka maupun sebagai seorang Pembina pramuka,prinsip dasar kepramukaan harus benar – benar diterapkan. Kepedulian terhadap diri sendiri meliputi, kegiatan membersihkan diri dengan rajin, berpakaian rapi dan berusaha menjaga kesehatan diri dengan memakan dan minum yang sehat.

4. Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka

Mentaati kode kehormatan adalah salah satu prinsip dasar dalam kegiatan dan metode kepramukaan, menaati kode kehormatan, baik siaga, penggalang, penegak dan pandega atau pramuka dewasa, semuanya sama saja harus menaati kode kehormatan pramuka. Di dalam kode kehormatan pramuka tersebut terdapat banyak sekali manfaat, bahkan dalam kode kehormatan pramuka ada pelajaran yang dapat kita ambil dan direnungkan di dalamnya.

Adapun Metode dalam Kegiatan pramuka antara lain;


1.Pengalaman Kode Kehormatan pramuka


Yang merupakan pengamalan kode kehormatan pramuka adalah, dengan adanya pembelajaran pramuka, maka kita dididik untuk mengetahui apa-apa saja kode kehormatan pramuka, mempelajari kode kehormatan itu bahkan mengamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

2. Belajar sambil Melakukan

Metode dalam pramuka belajar sambil melakukan merupakan salah satu metode yang biasa diajarkan di dalam kegiatan pramuka, biasanya metode ini akan dipadukan melewati latihan di kegiatan pramuka, belajar sambil melakukan di dalam kegiatan pramuka berkaitan dengan pemberian materi dalam bentuk praktik dalam kegiatan pramuka.

3. Kegiatan berkelompok, bekerjasama dan berkompetensi

Pramuka memprioritaskan untuk selalu berkelompok, ada kerjasama yang baik antar sesama dan mampu berkompetisi dengan baik di dalam kegiatan siaga, penggalang maupun penegak.

4. kegiatan yang menarik dan menantang

Dalam kegiatan pramuka itu harus ada kegiatan menarik dan menantang, khususnya di dalam perlombaan dan perkemahan pramuka, banyak sekali kegiatan yang menarik dan menantang dalamnya. Mengapa hal ini perlu diadakan..?

Karena untuk menguji kemampuan anak pramuka, keberanian dan kemampuan dirinya dalam menghadapi segala bentuk ujian adrenalin, mengasah kemampuan dan skill di pramuka, maka diadakan dan di uji dengan kegiatan yang menantang, menarik dan bergembira.

5. Kegiatan di alam terbuka

Pramuka itu sering kali mengadakan kegiatan di alam terbuka, salah satunya adalah mengadakan perkemahan pembelajaran mengenai alam, pembelajaran mengenal lingkungan sosial dan pembelajaran mengenal lingkungan sekitar.

Kegiatan di alam terbuka sering kali diadakan oleh kegiatan pramuka, tujuannya agar belajar mengenal alam dan keterkaitan dengan dasa darma yang kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia.

6.adanya orang dewasa yang memberikan dorongan, bimbingan dan dukungan.

Kehadiran orang dewasa dalam pramuka sangat penting, karena adik-adik kita perlu sekali bimbingan, dan pembelajaran dari orang dewasa, sehingga antara pramuka dan orang dewasa tidak bisa dilepaskan, pramuka menjunjung tinggi kehormatan orang dewasa, memiliki adab terhadap mereka yang lebih tua dan menghormati sesama manusia yang lebih tua.

7.Adanya penghargaan berupa tanda kecakapan

Ketika anggota pramuka telah selesai melakukan sesuatu, atau anggota pramuka selesai menjalankan tugas maka ia akan diberikan tanda kecakapan, tanda kecakapan itu berupa tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan Khusus, apalagi bagi pramuka penggalang.

8.Satuan terpisah antara putra dan Putri

Ketika anda mempelajari pramuka, maka pramuka itu menjunjung tinggi harkat dan martabat antara perempuan dan laki-laki, sehingga dalam kegiatan pramuka dinamakan dengan satuan terpisah antara putra dan puteri, satuan terpisah ini mewujudkan jika dalam kepramukaan itu memang benar-benar menghargai kodrat jenis kelamin manusia baik yang perempuan maupun yang laki-laki.

Satuan terpisah artinya, laki – laki dan perempuan di dalam kegiatan kepramukaan tidak digabung atau tidak boleh digabungkan, sehingga apapun bentuk dan kegiatannya, pramuka putra dan putri harus dipisahkan dan memiliki satuan tersendiri.

Itulah beberapa penjelasan mengenai prinsip dan metode yang ada di dalam kepramukaan, baik siaga penggalang, penegak dan pandega. Metode dan prinsip kepramukaan ini merupakan kunci dan dasar kegiatan pramuka dilaksanakan, untuk apa pramuka itu dan dasarnya apa dengan adanya ini maka anda akan mengetahui seperti apa pramuka itu, bagaimana pramuka itu dilaksanakan.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Ulasan Mengenai Prinsip dasar dan Metode kepramukaan"