Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lambang Gerakan pramuka

lambang gerakan pramuka
Lambang Gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota gerakan Pramuka.lambang pramuka tersebut diciptakan oleh Bapak soenardjo atmodipuro seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan Kemudian sejak 16 Agustus 1961.

Lambang gerakan pramuka Ditetapkan dengan surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nama. 06/ KN/ 2 tahun 1972.

Lambang ini dipergunakan pertama kali sejak tanggal 14 Agustus 1961, ketika presiden Republik Indonesia Soekarno menganugerahkan  Panji gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia kepada organisasi  pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang gerakan Pramuka berbentuk siluet atau bayangan tunas kelapa penjabaran tentang lambang ini ditetapkan dalam keputusan Kwarnas nomor 06 /KN/72 tentang lambang gerakan Pramuka.

Arti kiasan lambang Pramuka

1.Tunas kelapa

Tunas buah kelapa digunakan sebagai lambang pramuka karena buah kelapa dalam keadaan tumbuh itu dinamakan Cikal dan istilah cikal bakal di Indonesia Berarti penduduk asli yang pertama yang telah menurunkan generasi baru. Jadi buah kelapa atau nyiur yang tumbuh itu. Mengandung kiasan bahwa setiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Sehingga tunas kelapa ini membuktikan bahawa anggota pramuka kebanyakannya terdiri dari Golongan para pemuda dan pemudi di sekulurh Indonesia, Golongan para pemuda ini yang nantinya akan memimpin masa depan bangsa Indonesia di masa depan.

2.Buah kelapa

Buah kelapa juga dapat bertahan lama dalam keadaan seperti Apapun dan bagai manapun juga, jadi lambang tersebut menghiaskan bahawa setiap Pramuka adalah seorang rohani dan jasmani yang sehat. Kuat pikiran dan serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam kehidupan ini. Dan menempuh segala ujian yang diberikan kepada mereka dan menyelesaikan segala tentangan dalam kehidupan untuk mengabui kepada bangsa dan tanah air.

3. Pohon Kelapa

Kelapa dapat tumbuh dimana saja inilah yang membuktikan besarnya dalam upaya menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya. jadi melambangkan Bahwa tiap anggota pramuka dapat menyesuaikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat di mana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.

4. Akar kelapa

Akar kelapa tumbuh kuat dan alat dalam tanah titik jadi lambang itu menghiaskan, tekad dan keyakinan Pramuka yang berpegang pada dasar dasar dan landasan dan dasar yang baik benar kuat dan nyata ialah tekad yang digunakannya untuk memperkuat dirinya Dalam menggapai sebuah cita_cita.

5. Manfaat kelapa

Kelapa adalah pohon yang serbaguna dari ujung akar hingga ujung daunnya memiliki manfaat jadi lambang itu mengkiaskan Bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membuktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air bangsa dan negara Republik Indonesia.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Pengertian Lambang Gerakan pramuka"