Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saka Teknologi dan Tujuannya

Saka Teknologi dan Tujuannya
Saka Teknologi, adalah satuan karya yang ada di dalam pramuka merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang ilmu teknologi yang berguna untuk menumbuhkan kesadaran untuk membangkitkan dirinya dalam meng pembangunan Nasional, sejauh ini saka teknologi hanya ada di kwartir cabang Purworejo, Kwartir daerah Nusa tenggara Barat  yang menanamkan saka teknologi sebagai salah satu saka yang ada di daerahnya.

Saka dalam pramuka merupakan satuan karya yang sangat penting untuk menjaga kestabilan dan keutuhan negara kesatuan republik Indonesia, kegunaan saka sebagai wadah pendidikan anak pramuka harus di perhatikan baik-baik, apalagi sekarang ini saka teknologi memiliki berbagai macam manfaat dan diharapkan untuk daerah lain agar membentuk saka teknologi ini secara mandiri dan besar – besaran.

Berikut ini hal-hal yang bisa di pelajari menurut pramukaminsungaisipai.blogspot.com di antaranya adalah;

1.Belajar Menangkal Hoax

Berita palsu dan berita bohong atau yang disebut dengan Hoax sering kali masuk ke dalam ranah kehidupan kita, berkat kemajuan teknologi dan mudahnya mengakses berita dalam genggaman maka informasi yang masuk semakin mudah, baik sedang makan, tidur, sedang ngobrol dengan teman informasi  tersebut masuk dan terus merambat ke jejaring media sosial dan smartphone kita. Oleh karena itu di saka teknologi maka anda akan diajarkan bagaimana caranya menangkal Hoax dengan baik.

2.Belajar Memahami Teknologi

Banyak anggota pramuka yang masih tidak memahami perkembangan teknologi sehingga banyak anak didik kita terjerumus ke Hal yang tidak -tidak, oleh karena itu tugas saka teknologi adalah memberikan pemahaman lebih luas mengenai dunia teknologi dan informasi agar tidak terjerumus ke hal-hal yang dilarang. Seperti bagaimana cara menggunakan media sosial yang baik, menggunakan handphone secara positif dan lain sebagainya.

3.Siap menghadapi era 4.0

Jaman sekarang di seluruh dunia hampir teknologi itu diajarkan di jabarkan ,dipakai dan digunakan oleh hampir seluruh manusia, zaman di era digital sekarang ini maka siap-siap anak didik kita harus dididik untuk menghadapi zaman perkembangan 4.0 atau era Teknologi semakin maju. Dengan adanya saka teknologi mereka akan diajarkan bagaimana caranya memanfaatkan teknologi dengan baik, seperti smartphone untuk belajar dan mencari pengetahuan di dunia Online, Pc untuk membuat program digital dan lain – lain.

4.Lebih canggih dengan Teknologi

Menjadikan anak pramuka semakin mandiri, berkarakter dan semakin canggih adalah salah satu peran yang sangat memungkinkan terjadinya perubahan pada anak-anak didik pramuka ketika ia mengikuti saka teknologi, sehingga dengan mempelajari saka teknologi ia tidak akan canggung lagi menggunakan internet, dan teknologi di tengah orang banyak.

5. Mampu bekerja secara cepat

Era teknologi membantu semua orang bekerja secara cepat, dapat mengubah kehidupan menjadi semakin membaik, era digital dan era teknologi memang menjadi era yang paling cepat perubahannya, oleh karena itu bersiaplah menuju perubahan itu dan siapkan anak-anak didik pramuka anda untuk menghadapi dunia digital yang super maju.

6.Paham etika berInternet

Memahami etika menggunakan internet yang baik adalah salah satu pembelajaran yang akan diajarkan di saka teknologi, memahami etika berinternet memang menjadi alasan mengapa perlunya ada saka teknologi di suatu daerah, hal ini memungkinkan semua anggota pramuka akan diajarkan bagaimana caranya menggunakan internet yang baik, bijak dan bagaimana caranya agar tidak salah dalam menggunakan Internet sebagai kebutuhan kita sehari-hari.

7.Tidak mudah menyebarkan Informasi yang salah

Seorang anak didik pramuka harus diajarkan bagaimana caranya menyebarkan informasi yang baik, jangan justru menyebarkan informasi yang salah, sama saja dengan menyebarkan berita Bohong. Oleh karena itu anak pramuka harus diajarkan melewati saka teknologi untuk berhadapan dengan dunia Luas, menghadapi bagaimana caranya agar tidak terjerumus ke dalam penyebaran berita Bohong ( Hoax ). Melewati pembinaan dan keterangan dari anggota saka teknologi mereka wajib memadamkan atau memberikan pemahaman kepada anak-anak pramuka untuk tidak terjerumus kedalam dunia berita Bohong ( Hoax ).

Itulah beberapa target dan tujuan dari saka teknologi, dan berhubung saat ini jarang sekali ditemukan di suatu daerah maka, diimbau atau diharapkan kepada pimpinan-pimpinan cabang pramuka di seluruh daerah indonesia untuk mengadakan saka teknologi ini secara luas, mandiri, dan memiliki dedikasi tinggi, sehingga adik-adik kita bisa memahami dunia internet dengan baik , dunia teknologi yang seharusnya dilakukan.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Saka Teknologi dan Tujuannya"