Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Tradisional Yang bisa dilombakan di Pramuka

Adu ketangkasan dan permainan tradisional memang di era sekarang ini sudah hampir tergerus jaman atau sudah hampir punah, untuk mengembalikan beberapa permainan tersebut maka, kita harus mencari solusi agar adik-adik pramuka baik penggalang, siaga maupun penegak bisa memahami permainan tradisional khususnya dalam perlombaan.

Beberapa adu ketangkasan sekarang sudah banyak yang tidak diurus lagi atau sudah dilupakan begitu saja, padahal makna yang terkandung dalam beberapa permainan tradisional sangatlah luar biasa, memahami cerita kerasnya kehidupan serta membantu mengasah skill dalam ketangkasan kalian.

Di beberapa wilayah, ketika diadakan kegiatan pramuka, sudah banyak sekali yang memuat kembali beberapa perlombaan yang menampilkan game-game tradisional di masa sekarang ini, seperti game egrang, bakiak, balap karung dan memasukkan pensil ke dalam Botol, semua itu adalah gambaran dari beberapa permainan tradisional yang sekarang mulai punah digerus jaman.

Untuk melestarikan semuanya maka yang diperlukan adalah pengetahuan, dan pengetahuan itu harus kita pelajari dahulu agar bisa disampaikan kepada adik-adik pramuka kita sehingga mereka semakin mengerti apa itu permainan tradisional.

Macam-macam Game Tradisional Yang Asik di Lombakan

1.Egrang

engrang png
Egrang adalah salah satu game atau permainan tradisional yang dimainkan sejak jaman dahulu, egrang dimainkan menggunakan sebuah bambu atau kayu yang sudah di kasih kuda-kuda atau letak kaki menyerupai tangga untuk menaikinya, diperlukan keseimbangan. Apabila anda bisa memainkan egrang maka badan kamu akan semakin merasa meninggi.

Permainan egrang ini biasanya dimainkan oleh adik-adik pramuka penggalang pada kegiatan perkemahan sabtu minggu, game persaudaraan dan mahesi Galang, tergantung si penyelenggara apakah ingin membuat permainan tradisional ini sebagai salah satu ajang perlombaan yang sangat seru untuk di lombakan.

2.Balap Karung

balap karung
Balap karung adalah salah satu permainan tradisional yang juga menarik minat dan perhatian dari sebagian orang, bahkan permainan balap karung ini pun diminati oleh beberapa orang di luar negeri sana yang berkunjung kepada kita.

Permainan balap karung memerlukan alat yang sederhana, seperti karung, lapangan dan pemain, permainan balap karung dalam pramuka biasanya dimainkan ketika perkemahan persaudaraan penggalang, baik penggalang ramu , rakit dan sebagainya.

3. Meroda dalam Gulita

meroda dalam gulita
Meroda dalam gulita adalah permainan tradisional yang menggunakan alat bantu spanduk, atau karung besar berbentuk roda, para pemain tidak diperbolehkan melihat jalan ketika memainkan permainan ini, sejumlah pemain akan masuk ke dalam karung atau roda plastic besar tadi untuk menggulingkan dan memajukan Rodanya hingga garis Finish.

Meroda dalam gulita memang menjadi primadona dalam perlombaan pramuka, hanya saja permainan ini memerlukan konsentrasi penuh dan memerlukan kerjasama team yang baik, jika tidak maka akan menjatuhkan sesama teman.

4. Memasukkan Pensil Ke dalam Botol

Mungkin hal yang semacam ini sudah sering kamu mendengar, apalagi kamu adalah anak orang kampung dan pernah menonton acara 17 agustus an, memasukkan pensil kedalam botol memang permainan tradisional, akan tetapi permainan ini dimainkan oleh adik-adik siaga maupun penggalang di dalam kegiatan pramuka.

Gunanya permainan ini adalah adik-adik pramuka akan mengerti sejauh mana perjuangan dan konsentrasi mereka dalam memasukkan pensel ke dalam botol, sehingga kamu sebagai Pembina pramuka harus mengajarkan permainan ini dengan penuh semangat kepada adik-adik siaga dan adik-adik penggalang, sehingga akan muncul rasa semangat yang mendalam pada saat mengikuti latihan kepramukaan

Bahan yang dibuat untuk melaksanakan aksi ini pun sangat sederhana, Cuma kaleng dan pensil dan ada pemain, jika ingin di variasikan pun juga boleh kamu bisa menunjuk atau menggunakan beberapa tali untuk diikat di pinggul tiap tiap anggota pramuka dan mereka memasukkan pensil ke dalam botol dengan berbalik arah.

5.Bakiak

Bakiak adalah salah satu permainan tradisional yang memiliki julukan sebagai “ Terompah Bersama” atau memakai sandal secara bersamaan, bakiak ini dimainkan oleh adik-adik pramuka siaga maupun penggalang, permainan bakiak dibuat menggunakan kayu dan karet sepeda Motor.

Permainan bakiak sekarang ini semakin Populer dan semakin banyak di lombakan di berbagai kalangan pramuka siaga maupun penggalang. Permainan bakiak sangat mudah dilakukan dan sangat mudah untuk di mainkan, para peserta hanya dianjurkan untuk memakai terompah bersama dan terompah tersebut di bawa berlari sekencang mungkin, tujuannya agar mencapai hasil yang paling pertama sampai finish maka ialah pemenangnya.

Itulah beberapa permainan yang sering dimainkan pada saat kegiatan pramuka berlangsung, anda sebagai salah satu Pembina atau peserta dalam pramuka bisa memainkan beberapa permainan sekaligus dalam satu kegiatan, tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada adik-adik pramuka siaga maupun penggalang.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Permainan Tradisional Yang bisa dilombakan di Pramuka"