Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aba-aba Sikap Gerakan Dasar dalam Pramuka

Aba-aba Sikap Gerakan Dasar  dalam Pramuka
Aba-aba dalam kegiatan pramuka sangat diperlukan sekali, salah satunya adalah mengenai aba-aba dasar dalam kegiatan pramuka yang meliputi, sikap sempurna dan istirahat di tempat, aba-aba dasar ini merupakan sebuah aba-aba yang menjadi fokus utama dalam gerakan dasar kegiatan pramuka, dasarnya bagus maka gerakan yang selanjutnya bisa lebih bagus lagi

Berikut ini pengaturan gerakan dasar pramuka yang merupakan salah satu metode gerakan dasar pramuka, dan gerakan dasar yang harus dilandasi dengan terus latihan, sehingga menghasilkan gerakan yang bagus di lihat di mata masyarakat dan orang lain

Sikap sempurna

Aba-aba : siap-gerak
Pelaksanaannya, Pada aba-aba pelaksanaan badan atau tubuh berdiri tegak, kedua tumit rapat Kedua telapak kaki membentuk sudut 60 derajat, lutut lurus Paha dirapatkan dapatkan, berat badan diatas kedua kaki perut ditarik sedikit, dada dibusungkan, pundak ditarik sedikit ke belakang dan tidak dinaikkan, lengan rapat pada badan pergelangan tangan lurus, jari-jari tangan menggenggam tidak terpaksa rapat pada paha, ibu jari segaris dengan jahitan celana, leher lurus, dagu ditarik , mulut ditutup, gigi dapatkan, mata memandang tajam ke depan, bernapas sewajarnya.

Istirahat

Aba-aba: istirahat ditempat-gerak
Pada aba-aba pelaksanaan kaki kiri harus dipindahkan ke samping kiri dengan jarak sepanjang telapak kaki atau 30 cm.

Kedua belah tangan dibawa ke belakang dan di bawah pingGang, punggung tangan kanan di atas telapak tangan kiri, tangan kanan dikepalkan dengan melemaskan tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan di antara ibu jari dan telunjuk kedua tangan diluruskan badan dapat bergerak.

Catatan:

Dalam keadaan istirahat ditempat pemimpin atau atasan lainnya datang untuk memberikan perhatian atau petunjuk-petunjuk maka atas ucapan pemimpin atasan. Dengan menggunakan kata perhatian pasukan segera mengambil sikap sempurna tanpa mengucapkan kata siap kemudian mengambil sikap istirahat.

Pada kata perhatian selesai atau sebagian pasukan mengambil sikap sempurna tanpa didahului aba-aba kemudian kembali ke sikap istirahat ditempat.

Maksud dari sikap siap terakhir ini adalah sebagai jawaban tanpa suara bahwa petunjuk petunjuk yang diberikan akan dijalankan.

Meluruskan Barisan

Lencang kanan atau kiri: hanya dalam bentuk bershaf.
Aba-aba Lencang kanan atau kiri - gerak
Pelaksanaannya: gerakan ini dijalankan dalam sikap sempurna.


  1. Pada aba-aba pelaksanaan, saf depan mengangkat lengan kanan atau kiri ke samping kanan atau kiri menggenggam menyentuh bahu kanan atau Kiri orang yang berada di sebelah kanan atau kiri nya.
  2. Punggung tangan menghadap ke atas, bersamaan dengan ini kepala dipalingkan ke kanan atau kiri berubah tempat masing-masing meluruskan diri. 
  3. Saf Tengah dan sap belakang kecuali penjuru, setelah meluruskan ke depan pandangan mata ikut pula memalingkan muka ke samping dengan tidak mengangkat tangan. 
  4. Penjuru saf  Tengah dan belakang mengambil antar ke depan. Satu lengan kanan kiri ditambah 2 kepalan  tangan. Setelah lurus  menurunkan tangan kanan atau kiri tanpa menunggu aba-aba. 
  5. Pada aba-aba tegak-gerak semua dengan serentak menurunkan lengan dan memalingkan muka ke depan dan berdiri dalam sikap sempurna. 
  6. Pada waktu pemimpin pasukan memberikan aba-aba Lencang kanan atau kiri kadang meluruskan safnya pemimpin pasukan yang berada dalam barisan itu memberikan kelurusan saf dari sebelah kanan atau kiri pasukan dengan menitik beratkan pada kelurusan tumit (bukan ujung depan sepatu).
  7. Untuk menghindarkan keributan pada waktu mengangkat lengan kanan atau kiri hendaknya lengan diluruskan melalui belakang punggung orang yang berada di samping kalau jarak 1 lengan tidak cukup dengan demikian dihindarkan gerakan seolah-olah meninju teman  yang berada di samping.
  8. Kelurusan barisan  dilihat dari tumit.
Itulah beberapa sikap dasar gerakan pramuka di lain waktu materi ini akan di tambah lagi dengan sikap dasar gerakan pramuka yang lain, sehingga pengetahuan kita akan semakin bertambah luas.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Aba-aba Sikap Gerakan Dasar dalam Pramuka"