Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Lengkap Mengenai Dasa Darma Pramuka

Penjelasan Lengkap Mengenai Dasa Darma Pramuka
Setiap anggota pramuka pasti memiliki kode kehormatan masing - masing kode kehormatan itu berbeda-beda bentuknya, dasa darma pramuka adalah salah satu kode kehormatan pramuka penggalang dan pramuka dewasa, semua memerlukan dasa darma pramuka, dasa darma pramuka harus di pahami para anggota pramuka dewasa dan remaja semuanya saling memerlukan dan mengamalkan di dalamnya.

Pengertian Dasa Darma Pramuka

Dasa darma pramuka adalah salah satu kode kehormatan yang di peruntukkan kepada anggota pramuka penggalang, penegak, dan pandega, semuanya perlu dasa darma pramuka, kode kehormatan yang menjadi panutan dalam mengambil sikap seorang pramuka, dasa darma pramuka memiliki arti yang cukup mendalam, di dalamnya terdapat berbagai macam isi dan kode kehormatan yang bisa membangun jiwa manusia lebih beradab lagi.

Sejarah Dasa Darma Pramuka

Tahukah kamu jika dasa darma pramuka juga memiliki sejarah yang begitu panjang , di buat layaknya pancasila mengalami beberapa amandemen dan beberapa perubahan, dasa darma pramuka juga di buat sedemikian rupa, memiliki perubahan an gagasan yang sering berubah - ubah, sejarahnya pun ada,

Proses terbentuknya dasa darma seperti yang anda sekarang juga dibuat melalui perjuangan yang panjang oleh beberapa tokoh. Terbentuknya ikrar ini juga sudah mengalami 4 kali perubahan hingga sekarang

  • Rumusan dasa darma I (1961 sampai dengan 1966)
Hasil pertama perumusan dasa darma di ambila dari;Dasa darma adalah lampiran dari Keputusan Presiden No 238 Tahun 1961. Hasil rumusan pertama kali ini dibuat oleh Panitia V Pembentukan Gerakan Pramuka. Rumusan yang dihasilkan olehnya  adalah:

1. Pramuka itu dapat dipercaya
2. Pramuka itu setia
3. Pramuka itu sopan dan perwira
4. Pramuka itu sahabat sesama manusia dan saudara bagi tiap-tiap anggota pramuka
5. Pramuka itu penyayang sesama makhluk
6. Pramuka itu siap menolong dan wajib berjasa
7. Pramuka itu dapat menjalankan perintah tanpa membantah
8. Pramuka itu sabar dan riang gembira dalam segala kesukaran
9. Pramuka itu hemat dan cermat
10. Pramuka itu suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

  • Rumusan dasa darma II (1966 sampai dengan 1974)

Beralih ke tahun 1966 rumusan dasa darma kedua dibentuk oleh Musyawarah Kerja Andalan Pusat dan Daerah (Muker Anpuda) yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan istilah Musyawarah Nasional (Munas). adapun rumusan yang di hasilkan antara lain :

1. Kami Pramuka Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Kami Pramuka Indonesia, berjiwa pancasila dan patriot Indonesia yang setia
3. Kami Pramuka Indonesia, giat melaksanakan amanat penderitaan rakyat
4. Kami Pramuka Indonesia, ikhlas berkorban untuk keadilan dan kemuliaan Indonesia
5. Kami Pramuka Indonesia, bergotong royong membangun masyarakat Pancasila
6. Kami Pramuka Indonesia, dapat dipercaya dan berbudi luhur
7. Kami Pramuka Indonesia, hemat, cermat dan bersahaja
8. Kami Pramuka Indonesia, pantang putus asa dalam menanggulangi kesukaran
9. Kami Pramuka Indonesia, berjuang dengan rasa tanggung jawab dan gembira untuk dapat berguna
10. Kami Pramuka Indonesia, berwatak ksatria dan bertindak dengan disiplin

  • Rumusan dasa darma III (25 September 1978 sampai dengan 26 September 1978)
Pada masa ini perumusan dasa darma terjadi lagi tepar pada tanggal 25-26 September 1978 terdapat kesepakatan dari Musyawarah Nasional (Munas) yang bertempat di  Bukit Tinggi. Rekomendasi perubahan dasa darma yang diamanatkan dalam MPP tahun 1970 dan Munas tahun 1974 adalah:

Dasa Darma Pramuka.
PRAMUKA ITU:

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Kasih sayang sesama manusia dan cinta alam
3. Patriot yang sopan dan perwira
4. Suka bermusyawarah dan patuh
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, riang dan terampil
7. Hemat, cermat dan bersahaja
8. Disiplin, setia dan berani
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

  • Rumusan dasa darma IV (mulai tahun 1978 hingga sekarang)
Lagi lagi Pada tahun 1978 terjadi lagi perumusan ulang dasa darma pramuka yang ditandai dengan dikeluarkannya memorandum oleh Munas(musawarah nasional) Gerakan Pramuka di Manado. Perumusan ulang tersebut kemudian diterbitkan dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 036/ KN/ 79. Rumusan dasa darma tersebut adalah ikrar yang sampai saat ini digunakan di dalam dunia kepramukaan.

Isi Dasa Darma

Dasa Darma
1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan ksatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil dan gembira
7. Hemat, cermat dan bersahaja
8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Makna yang terkandung dalam Dasa Darma

Makna yang terkandung dalam dasa darma pramuka memang begitu erat kaitannya dengan aspek kehidupan yang kita jalani dan kita hadapi di satiap hari, makna yang tersirat dalam dasa darma pramuka menjadikan kita hidup disiplin dan lebih mengedepankan kehidupan dengan moral dan adab yang baik, makna yang terkandung di dalam dasa darma pramuka yang pertama misalkan " Taqwa kepada tuhan yang maha esa " dalam isi dasa dharma ini menunjukkan bahwa anak pramuka itu selalu taqwa kepada tuhan yang maha esa, ketaqwaan di buktikan dengan sikap dan patuh terhadap ajaran agama yang di anutnya, sikap inilah yang kemudian menjadi kunci bagi sikap-sikap yang lainnya.

Mencintai dan mengasihi sesama manusia memang perlu di dalam pramuka, karena kita hidup tanpa kekurangan kasih sayang, kita hidup di dunia ini  di kasihi dan di sayangi orang yang kita cintai, maka berbaik - baik lah kepada orang lain, jangan menyombongkan diri dan jangan bersikap terlalu cuek kepada orang lain, hidup di dunia ini harus saling berdampingan, karena kita perlu orang lain untuk menjalani kehidupan ini.

Isi dari Dasa Darma Pramuka

PRAMUKA ITU:

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan ksatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, terampil dan gembira
7. Hemat, cermat dan bersahaja
8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Dasa Darma Pertama Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 

Dasa  darma ini merupakan anutan atau ajaran yang menunjukkan bahwa  seorang anggota pra muka itu harus mampu patuh dan tunduk kepada peraturan yang ada menjalankan kewajiban kita sebagai makhluk yang mempunyai tuhan, mematuhi segala aturan yang berlaku serta rajin melaksana kan ibadah yang seharusnya sudah di perintahkan, sebagai makhluk yang memiliki Tuhan, seorang anggota pra muka wajib mengimani adanya tuhan dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing - masing.

Dasa Darma Kedua Cinta alam dan kasih Sayang Sesama Manusia

Cinta alam dan kasih sayang kepada sesama manusia,Mencintai dan menciptakan kerukunan, baik dalam bergaul, bersikap, berusaha menolong orang lain yang kesusahan dan menciptakan kedamaian antar umat manusia, adalah jiwa yang ditanamkan ke dalam pemikiran para anggota pramuka, agar hidupnya mempunyai aturan dan dewasa dalam bersikap.

Dasa Darma Ketiga Patriot yang sopan dan Ksatria

Patriot, seorang anggota pramuka dikatakan atau diibaratkan sebagai seorang patriot, pemimpin masa depan dan mempunyai jiwa pemberani, serta memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, patriot dilambangkan dengan gagah berani, sehingga anggota pramuka dikatakan sebagai salah seorang yang memiliki jiwa patriotisme, diharapkan ia tetap sopan dalam bertindak dimanapun ia berada, tidak sombong apalagi menentang aturan yang ada.

Dasa Darma Keempat Patuh dan Suka Bermusyawarah

Mematuhi segala jenis aturan yang berlaku merupakan salah satu sikap jiwa seorang pramuka, mematuhi peraturan yang ada dan suka bermusyawarah, suka mengemukakan pendapat, sharing antar teman dan anggota pramuka yang lain memungkinkan dia adalah seorang pramuka yang memegang dasa darmanya dengan baik.

Dasa Darma Kelima Rela Menolong dan Tabah

Sikap rela menolong dan tabah misalnya adalah apabila ada salah seorang teman yang merasa sakit,maka ia akan segera menolongnya dengan penuh keikhlasan, rasa iba akan selalu ada pada jiwa seorang pra muka, apalagi jika ia selalu tabah dan memiliki ketabahan dalam mengatasi segala masalah.

Dasa Darma Ke Enam Rajin Terampil dan Gembira

Anak Pramuka dikenal sebagai seseorang yang memiliki kemampuan keterampilan yang memadai, anak pramuka dikenal sebagai anak yang terampil, hal ini dikarenakan anak pramuka adalah anak  yang tidak mudah menyerah dan menyukai hal - hal yang baru, di lapangan anak pramuka memang suka menampilkan berbagai macam kreativitasnya sebagai anggota pramuka, berbagai macam kreativitas ia tampilkan di tambah lagi kemampuannya yang beragam, akan mampu menarik minat wisatawan asing maupun Lokal.

Dasa Darma ke Tujuh Hemat, Cermat dan Besahaja

Hemat, cermat dan bersahaja, memiliki makna yang mendalam, salah satunya adalah sebagai seorang pramuka, maka para anggotanya harus bersikap hemat, dengan segala memikirkan segala sesuatu untuk di masa mendatang,memiliki rasa yang sopan dan bersahaja.

Dasa Darma Ke Delapan Disiplin Berani dan Setia

Disiplin berani dan setia, dalam segala bentuk apapun ia akan setia kepada peraturan negara yang ada di republik Indonesia ini, seorang anggota pramuka selalu disiplin baik ketika di dalam kegiatan latihan maupun di luar latihan.

Dasa Darma Ke Sembilan Bertanggung Jawab dan dapat di Percaya

Bertanggung jawab dan dapat dipercaya, merupakan makna dari anggota pramuka bisa dikatakan sebagai contoh amanah, diberi amanah ia tidak mengingkari janji dan tidak menjadi orang yang Munafik.

Dasa Darma Ke Sepuluh Suci dalam Perbuatan, Pikiran dan Perkataan

Memiliki kesucian dalam pikiran, perbuatan dan perkataan, yang menunjukan jika anggota pramuka itu selalu berusaha berbuat baik, suci dan selalu berusaha untuk menjaga perkataannya dari hal yang tidak diinginkan.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Penjelasan Lengkap Mengenai Dasa Darma Pramuka"