Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bendera Pramuka Beserta Lambangnya.

Pengertian Bendera Pramuka Beserta Lambangnya.
Lambang gerakan pramuka sering kita dengar dan kita lihat, apalagi tentang bagaimana lambang gerakan pramuka itu, pramuka tak jauh dari kata " Tunas kelapa " Sebuah lambang yang memiliki arti yang sangat mendalam bagi anggota pramuka, Tunas kelapa artinya bibit baru yang mulai muncul kepermukaan tanah untuk memberikan kesan terbaik kepada seluruh alam, tunas kelapa siap menjadi pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Tunas kelapa merupakan cikal dan memiliki istilah "Cikal Bakal" menjadi pohon kelapa, dalam arti kiasan Tunas kelapa memiliki makna seseorang yang baru tumbuh untuk menjadi pemuda dan orang berguna bagi masa - masa yang akan datang, anak pramuka di anggap sebagai orang yang berguna di masa mendatang bagi bangsa ini.

Meninjau lebih lanjut hal di atas merupakan cuplikan dari pengertian " Tunas Kelapa " secara singkat, gambaran dan uraian di atas menunjukkan bahwa anak pramuka itu sangat berguna bagi bangsa dan negaranya, serta orang lain dan dirinya sendiri.

Bendera pramuka memiliki arti dan pengertian yang mendalam, sama halnya bendera merah putih, bendera pramuka yang di naikkan pada saat kegiatan latihan maupun pelantikan mempunyai arti yang begitu nyata, apa saja arti dari bendera pramuka itu sendiri mari kita ulas secara perlahan di bawah ini; 

Pengertian Lambang Siluet Tunas Kelapa di Bendera Pramuka

Sileut lambang kelapa pada bendera gerakan pramuka mempunyai arti sebagai berikut;

1.Buah Kelapa?nyiur dalam keadaan tumbuh di namakan dengan "CIKAL" dan Istilah "cikal bakal" artimya penduduk asli negara indonesia yang akan menurunkan generasi Baru, Buah kelapa atau nyiur yang tumbuh mengartikan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan Hidup bangsa Indonesia.

2.Buah kelapa/nyiur dapat bertahan lama dalam berbagai keadaan, apapun dan kapanpun, mengkiaskan bahwa seorang anggota pramuka adalah seseorang yang memiliki sehat dan kuat rohaninya dan jasmaninya, ulet serta kuat dan tahan dalam menghadapi rintangan dan cobaan, demi sebuah pengabdian kepada bangsa indonesia dan negara kesatuan Republik indonesia.

3.Kelapa/nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya.  Melambangkan, bahwa seorang Pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimana pun juga.

4.Kelapa/nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Dalam Konteks ini  Melambangkan, bahwa seorang Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, mulia dan jujur, dan tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.

5.Akar Kelapa/nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah.Mengkiaskan tekad dan keyakinan seorang Anggota Pramuka  berpegang teguh pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata berupa tekad dan keyakinan yang digunakan untuk memperkuat diri dalam mencapai cita-citanya dan sungguh - sungguh dalam melakukan tindakan.

6.Kelapa/nyiur adalah pohon yang serba guna, dari ujung atas hingga akarnya.  Dalam hal Ini Mengkiaskan, bahwa seorang Anggota Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri kepada kepentingan Tanah air, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta kepada umat manusia  semuanya tanpa pandang bulu.

Sejarah Bendera Pramuka

Tak banyak yang tau kapan sejarah bendera pramuka dan kapan di buatnya pertama kali yang perlu kita ketahui adalah pembubaran kepanduan dan sekaligus penetapan hari pramuka pertama oleh Presiden soekarno pada tanggal 9 Maret 1961, seluruh kepanduan di Indonesia di bubarkan.

Seonardjo Atmodipurwo merupakan sosok Pramuka yang merancang lambang siluet tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1961, beliau yang di kenal sebagai seorang pahlawan menciptakan lambang gerakan pramuka, Profil dan seluk beluk tentang bapak Seonardjo Atmodipurwo atau ada juga yang menyebut Soenardjo Atmodipuro cukup sulit untuk dilacak dan di telusuri. Hal ini karena kurangnya referensi yang memuat nama beliau.setahu penulis beliau bernama Seonardjo Atmodipurwo. Lahir tanggal 8 Febuari 1909 dan wafat pada tanggal 31 Mei 1979.

Beliau sebenarnya penemu lambang gerakan pramuka, namun jika di tinjau dari lambang yang ada di dalam bendera pramuka berbasis merah putih dan di tengahnya ada siluet tunas kelapa, berarti bendera pramuka tak jauh berbeda dengan di temukannya bendera pramuka, bapak Seonardjo Atmodipurwo adalah penemu bendera sekaligus lambang gerakan pramuka.

Makna Warna Bendera Pramuka

Bendera pramuka memiliki makna dan kiasan yang mendalam, bendera pramuka berlatar belakang putih dan merah di tengahnya ada lambang tunas kelapa makin menunkukkan betapa persatuan dan  kekuatan bangsa indonesia ini di ikut andilkan kepada semua anggota pramuka, berbagai macam kegiatan dan ketangkasan di adu pada kegiatan pramuka belum lagi berbagai macam ketrampilan yang terus mengalami perkembangan jaman.

Makna yang ada di dalam bendera pramuka memperlihatkan bahwa berani dan bibit-bibit anak pemberani itu lahir atas dasar didikan di kepramukaan, selalu menaati peraturan dan berusaha memutihkan sikap, menjadikan sikap diri lebih baik dan berakhlaq mulia adalah sikap dari makna bendera pramuka tersebut, kesucian dan keberanian serta lahirnya bibit-bibit unggul dari anggota pramuka menjadi satu kesatuan yang baik.

Pentingnya Bendera dalam Kegiatan Pramuka

Sebagai tanda dan penyemangat kegiatan pramuka, itulah kepentingan bendera, sebagai ciri khusus dan di akui negara adalah ciri dari bendera, memiliki arti yang mendalam, bendera pramuka sering sekali di gunakan pada saat acara resmi, serta acara perkemahan dan pelantikan, bendera pramuka di pasang oleh anak pramuka pada saat perkemahan dan pembukaan kegiatan pramuka, banyak sekali kepentingan bendera pramuka di kehidupan kita dan di kehidupan anak pramuka.

Bendera selain sebagai ciri khusus, juga memiliki kemampuan dan kegunaan sebagai penyemangat di kehidupan, biar kehidupan anak pramuka bisa semangat dalam menjalani latihan di setiap minggunya dan memberikan sikap dan ciri khusus seorang pramuka sejati.

Bendera Sebagai Simbol Anak Pramuka

Bendera merupakan sebuah simbol dan simbolis kita sebagai  anggota pramuka, bendera pramuka memberikan simbol yang nyata dan mudah terlihat secara nyata, kita sebagai anggota pramuka harus dengan rasa sepenuh hati menghargai bendera pramuka, bendera pramuka ini sebagai penyemangat kita ketika latihan dan ketika tidak latihan.

Dengan adanya bendera maka, para anggota pramuka merasa di hargai di negri ini, bendera pramuka akan selalu di cari dan selalu di tegakkan selama pramuka itu tidak di hapus,dan selama itu pula anggota pramuka berjaya.

Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Pengertian Bendera Pramuka Beserta Lambangnya."