Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sandi Kotak 1, 2 dan 3 beserta Gambarnya Lengkap

Sandi Kotak Pramuka merupakan sebuah alat, atau kode aksara yang di gunakan untuk berkomunikasi secara kasat mata atau secara diam-diam, sandi merupakan sebuah kode rahasia yang di pakai oleh anggota pramuka dalam berkomunikasi dengan kawan.Menurut Bahasa sangsakerta" sandi" Mempunyai arti Menyembunyikan atau Rahasia. Sementara di dalam kamus besar bahasa Indonesia sandi memiliki arti Rahasia atau Kode.

Kita mempercayai sandi dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, sandi bisa kita beri pengertian berupa semua pengamanan yang berhubungan dengan kunci dan ke amanan Pribadi milik orang lain. Sandi di buat untuk mengamankan sesuatu dan tujuan tertentu.

Sandi Kotak dalam Pramuka

Dalam dunia kepramukaan mungkin kamu tidak asing lagi mendengar istilah sandi, kedena di dalam pelajaran pramuka ada yang namanya pelajaran sandi - sandi yang bisa kita pelajari, berbagai macam sandi yang ada di kegiatan pramuka merupakan alat untuk berkomunikasi dengan anggota pramuka lainnya. Selain sandi Mourse ada juga sandi Kotak, kedua sandi ini sangat di kenal di dunia pramuka.

kali ini kita akan bahas mengenai apa itu sandi kotak, dan bagaimana cara membuatnya, membuat sandi kotak tidaklah susah, sandi kotak ini bisa kita ujikan dan ajarkan kepada anggota pramuka siaga ( pramuka usia Muda atau anak usia 7-11 Th), bagi kalian yang mungkin saat ini masih belum mengetahui apa itu sandi kotak dan seperti apa bentuknya, maka kamu bisa membeli Buku sandi pramuka yang banyak tersendia di toko buku sekolah, atau pelajari aja semua artikel di sini.

Memang sandi terbilang mudah dalam cara membuatnya, namun susah dalam skala menghafal dan mengingat sandinya, membuat sandi kotak memerlukan ketelitian dan harus mempunyai maksud dan tujuan untuk apa sandi kotak itu di buat.

Penjelasan Mengenai Sandi Kotak 1

Untuk sandi kotak 1, di buat berdasarkan bentuk dan isi huruf yang terdapat di dalam kotak sehingga di isyaratkan menjadi sandi tertentu, pada umumnya sandi kotak 1 berbentuk seperti gambar di bawah ini :
sandi kotak 1
Dari gambar di atas menunjukkan jika ada dua kelompok Huruf, yang pertama berisi dengan huruf horizontal dari A sampai dengan R dengan bentuk Horizontal dan dan vertikal, sementara yang kedua di isi mulai dengan Huruf "S" sampai dengan "Z" dengan bentuk persilangan.

Begitulah sandi kotak satu jadi masing-masing bidang di isi oleh 2 huruf, misalnya pada kotak kiri atas di isi oleh Huruf A dan B begitu juga dengan kotak yang lain, berikut kode terjemahannya :

terjemahan dan uraian sandi kotak 1
Setelah mengetahui uraian dan kode di atas maka kita bisa menuliskan huruf latin biasa dan menterjemahkannya di dalam sandi kotak, asalkan kalian tau kede sandi kotak di atas, perhatikan dan lihat dengan seksama sandi itu.

Penjelasan Mengenai Sandi Kotak 2  

Hampir sama dengan sandi kotak 1, sandi kotak dua ( 2 ) memiliki beberapa kemudahan dan kemiripan dari sandi kotak 1 , sanddi kotak 2 lebih mudah daripada sandi kotak 1, hal ini di karenakan semua huruf masuk ke dalam satu ruang lingkup kotak, masuknya huruf-huruf ini ke dalam beberapa kotak makin memudahkan para anak pramuka menterjemahkan sandi kotak.

Hanya saja di dalam sandi kotak ini satu kotak di isi oleh 3 huruf yang berbeda, , untuk pembuatan sama saja seperti sandi kotak pertama di atas, kalian bisa membuat dan menterjemahkannya sendiri di rumah.

sandi kotak 2
Sandi kotak 2

Penjelasan Mengenai Sandi Kotak 3

Sandi Kotak 3
Sandi kotak 3 adalah sandi kotak yang memiliki bentuk yang sangat unik dan menarik jika di bandingkan dengan sandi-sandi kotak lainnya, bentuknya aga rumit dan penerjemahannya pun aga rumit, sandi ini terbilang lebih sulit daripada sandi - sandi kotak yang lain, jadi kalian harus tau di mana letak yang benar-benar hurufnya, untuk kemudian bisa kalian jadikan simbol, 

Sandi kotak 3 ini bisa kamu pelajari dengan benar dan seksama, perhatikan gambar dan terjemhannya di atas, maka kalian bisa membuat kode sandi yang begitu rumit, semakin rumit sandi maka sulit di pecahkan sandi itu, kode ke amanan dan kerahasiaan kalian akan selalu terjaga selama sandi kotak belum terpecahkan.

Mengenai sandi kotak sampai disini dulu,semoga ada manfaatnya bagi kalian semua sobat ,salam pramuka salam muda salam anak muda berjaya.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Sandi Kotak 1, 2 dan 3 beserta Gambarnya Lengkap"