Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RENCANA PEMBELAJARAN SELEKSI GURU PENGGERAK ANGKATAN 10 INSYA ALLAH LULUS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

OLEH : Taufiq Mauliadi, S.Pd.


rpp guru penggerak terbaru

Nama Sekolah
: SD Negeri Baliangin

Kelas / Semester : 6 / 1

Tema : 3. Tokoh dan Penemuan

Sub Tema : 3. Ayo, Menjadi penemu

Materi Pokok : Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke                      : 3

Alokasi Waktu                        : 4 JP ( 4 x 35 Menit )

Alokasi waktu Pertemuan I     : 2 JP  ( 2 X 35 menit )

Alokasi waktu pertemuan II    : 2 JP  ( 2 x 35 menit )




  1. KOMPETENSI INTI


  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yan dianutnya

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan   cara   mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa   yang   jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.


  1. KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

IPK

1

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

3.2.1 Membedakan kosa kata baku dan non baku pada teks eksplanasi ilmiah yang dibaca ( C2 ).

2

4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku

dan kalimat efektif

4.2.1 Meenulis  informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah yang dibaca dengan menggunakan kalimat kosa kata baku ( P3 ).



IPA

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

IPK

1

3.4 Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

3.4.1   Menyebutkan ciri – ciri  rangkaian listrik sederhana  seri dan paralel( C1).

2

4.4 Melakukan percobaan rangkaian

listrik sederhana secara seri dan paralel

4.4.1 Membuat rangkaian listrik

seri dan paralel ( P3 )


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

    1. Dengan membaca teks eksplanasi ilmiah tentang rangkaian listrik, siswa mampu membedakan kosa kata baku dan non baku dengan benar.

    2. Setelah membaca teks eksplanasi ilmiah tentang rangkaian listrik, siswa mampu menulis informasi penting menggunakan kalimat kosa kata baku dengan benar.

    3. Dengan melakukan pengamatan gambar pada teks eksplanasi ilmiah, siswa mampu menyebutkan sifat rangkaian listrik sederhana seri dan parallel.

    4. Melalui percobaan siswa mampu membuat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel.


  1. MATERI PEMBELAJARAN

  1. Menemukan kosa kata non baku dalam teks eksplanasi ilmiah.

  2. Rangkaian listrik sederhana seri dan paralel


  1. MODEL, PENDEKATAN, DAN METODE PEMBELAJARAN

    1. Model : PJBL

    2. Pendekatan : Scientific dan TPAC

    3. Metode : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi


  1. MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Jaringan Internet

  2. Power point

  3. Video materi Ipa listrik seri dan paralel..( terlampir )


  1. ALAT DAN BAHAN

  1. Pensil

  2. Pulpen

  3. Gunting

  4. Lcd Proyektor

  5. LaptoP


Untuk file nya silahkan anda unduh di sini :

Dowload RPP Guru Penggerak Kelas VI
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "RENCANA PEMBELAJARAN SELEKSI GURU PENGGERAK ANGKATAN 10 INSYA ALLAH LULUS"