Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Pembahasan Tema 5 Kelas V Lengkap

Dalam ekosistem ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya Perubahan Lingkungan, beberapa di antarannya yaitu kebakaran Hutan, Pencemaran, dan penebangan Liar, Perubahan Lingkungan dapat menggangu kehidupan ekosistem, saat ini banyak petani menggunakan Pupuk Untuk menyuburkan tanaman, Penggunaan Pupuk yang berlebihan dapat mencemari perairan, Sisa pupuk di perairan dapat meracuni dan membunuh ikan.

Soal Dan Pembahasan Pembelajaran 01

1. Pokok pikiran pada paragraf di atas adalah,  jawaban B.( Perubahan Lingkungan )

2. Akibat Penggunaan Pupuk berlebihan di Perairan adalah jawaban A ( Meracuni dan Membunuh Ikan )

3. Berikut ini yang termasuk Komponen Biotik dalam ekosistem adala, Jawaban C ( Semut )

4. Berikut  ini yang merupakan Komponen Abiotik adalah Kecuali, Jawaban A ( Hewan )

5. Hewan Yang termasuk Pemakan Rumput Kecuali jawaban D ( Kambing )

Pembahasan :

Penggunaan Pupuk yang berlebihan dapat mencemari Perairan, karena Sisa Pupuk di Perairan dapat meracuni dan membunuh Ikan di Laut dan sungai.

Komponen Biotik adalah Komponen - Komponen yang Terdiri atas makhluk Hidup, jadi yang Termasuk Komponen Biotik dalam ekosistem adalah semut, pasir, udara, dan Batu Bukan merupakan Komponen Biotik, Melainkan Komponen Abiotik.

Komponen Abiotik adalah semua Faktor penyusun Ekosistem yang terdiri atas benda - benda mati, antara lain Oksigen, Kelembaban suhu, air, garam, Mineral, cahaya matahari dan Tingkat Ke asaman Tanah atau PH tanah. jadi Hewan bukan merupakan Komponen Abiotik, melainkan Komponen Biotik.

Hewan yang makan rumput dan daun daun segar misalnya sapi, kambing dan kelinci.

Essai dan Pembahasan

Buatlah Kalimat yang Menjelaskan tentang ekosistem ( Komponen dalam suatu ekosistem dapat saling berinteraksi dengan ekosistem Lainnya )

Tulislah Informasi Penting dari Paragraf ini ( suhu yang terlalu tinggi dapat mematikan Organisme )

Jelaskan Yang diMaksud dengan Ekosistem ( Ekosistem adalah Proses Terbentuk dari Timbal Balik antara makhluk hidup dengan Lingkungannya, Ekosistem dapat dikatakan juga sebagai suatu sistem di daerah yang terjadinya Hubungan Timbal Balik antara Komponen Biotik ( Hidup ) dan Komponen Abiotik ( Tak Hidup ) dengan Lingkungannya.

Mengapa Tumbuhan disebut sebagai Produsen ( Karena Tumbuhan Mampu Mensintesis Makanan atau Zat Organik Sendiri )

Sebutkan dua sumber makanan Hewan ( Sumber makanan Hewan ada yang berasal dari Tumbuhan dan Hewan )

Soal Dan Pembahasan Pembelajaran 02

Berikut ini yang Termasuk Ciri khas hewan Karnivora adalah ( Kuku yang panjang dan runcing )

Berikut Ini Merupakan Jenis Ekosistem Air Tawar, Kecuali ( Terumbu Karang )

Jenis Hewan Yang bergantung langsung pada rumput adalah ( Kuda dan Kambing )

Berikut ini contoh Lagu yang bernada Mayor Kecuali ( Desaku Yang Kucinta )

Tangga nada Mayor diawali dan diAkhiri dengan Tanda Nada ( Do )

Pembahasan 

Kuku yang panjang dan Runcing pada Hewan Karnivora digunakan Untuk Mencengkram dan Mencabik mangsa

Contoh ekosistem air tawar adalah, danau, sungai, dan Kolam Jadi Terumbu karang merupakan Ekosistem air asin

Kuda dan Kambing Merupakan Hewan pemakan tumbuhan

Lagu yang bernada mayor memiliki ciri - ciri yaitu bersifat gembira, bersemangat dan biasanya diawali dan diakhiri dengan Do, Berdasarkan ciri - ciri Tersebut, lagu-lagu yang bernada Mayor adalah, Bangun pemuda - pemudi bendera merah Putih dan dari sabnag sampai Merauki.

Tangga nada yang bernada mayor memiliki ciri - ciri yaitu bersifat gembira, bersemangat dan biasanya diawali dan diakhiri dengan Do

Esai dan Pembahasan


Kalajengking merupakan hewan karnivora yang beracun itu dihasilkan di ujung ekornya,dengan senjata tersebut kalajengking mempertahankan diri dari musuh selain racun kalajengking itu lengkapi dengan sepasang capit kegunaan capit adalah untuk menangkap mangsa hewan kecil ini sungguh hebat kalajengking mampu hidup di daerah yang panas kalajengking hidup dengan memangsa serangga cacing dan tempayak.

Apa pokok pikiran pada paragraf di atas ( kalajengking merupakan hewan karnivora yang beracun )

Sebutkan informasi penting yang kamu peroleh dalam paragraf di atas ( racun kalajengking dihasilkan di ujung ekornya )

Sebutkan dan jelaskan tiga pengelompokan hewan menurut jenis makanannya ( kelompok karnivora yaitu hewan yang makanannya berasal dari hewan lain.kelompok herbivora yaitu kelompok hewan yang makanannya hanya bersumber dari tumbuhan. Kelompok omnivora yaitu hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan dan hewan lain.

Apa yang dimaksud dengan tangga nada ( tangga nada adalah susunan nada yang sudah memiliki pola jarak tertentu )

Jelaskan pengertian tangga nada mayor (tangga nada mayor adalah tangga nada yang mempunyai jarak antara nadanya atau setengah)

Soal Dan Pembahasan Pembelajaran 03

Sebagai Negara maritim, Indonesia memiliki banyak Sumber daya ( A. kelautan )

Bagian Selatan Indonesia berbatasan dengan Negara ( B Australia )

Bagian Peta Yang Terletak di bagian Atas Adalah ( D Judul Peta )

Bangsa Indonesia Memperingati Sumpah Pemuda setiap tanggal ( C 28 Oktober )

Sumpah Pemuda di Ikrarkan Untuk Menumbuhkan Rasa ( D Persatuan )

Pembahasan

Negara Maritim adalah Negara dengan Teritorial Lautnya Lebih Besar dari daratannya, Negara Maritim adalah negara yang Memiliki Potensi dalam Sektor Kelautan dimana di dalamnya Terdapat Aktifitas Pelayaran.

Batas Geografis Indonesia, dengan Negara - Negara Lain Yaitu, Sebelah Utara berbatasan Dengan Negara Malaysia, Singapura dan philiphina, Sebelah selatan Berbatasan dengan Negara Australia. Dan Sebelah Timur Berbatasan dengan Papua Nugini.

Judul Peta Biasanya di tulis Pda Bagian atas Peta Yang menunjukkan Isi Peta Tersebut.

Sumpah Pemuda Merupakan Ikrar yang di kumandangkan Pada para pemuda, pada Kongres Pemuda II Yang dilaksanakan pada Tanggal 27-28 Oktober 1928 dan sampai saat ini setiap Tanggal 28 Oktober di Peringati sebagai hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda di Ikrarkan Untuk menumbuhkan rasa pemuda Indonesia

Esai dan pembahasan 


Letak geografis Indonesia yang sangat strategis membuat Indonesia mendapatkan pengaruh dari luar seperti kebudayaan dan peradaban dunia bisa disaksikan kebudayaan luar yang tumbuh dan berkembang di tanah air seperti kebudayaan Tiongkok budaya Tiongkok yang ada di Indonesia seperti alat musik - musik kesenian pakaian dan penggunaannya dan masih banyak lagi selain kebudayaan Tiongkok ada juga kebudayaan asing lainnya yang masih eksis di Indonesia yaitu kebudayaan Arab.

Apa pokok pikiran paragraf di atas (letak Indonesia sangat strategis secara geografis)

Apa informasi penting yang kamu peroleh dari paragraf di atas(kita masih bisa menyaksikan kebudayaan luar yang masih tumbuh dan berkembang di tanah air kita seperti kebudayaan Tiongkok)

Sebutkan komponen-komponen yang dimiliki sebuah peta(judul peta skala peta simbol garis astronomis legenda dan mata angin)

Apa makna peristiwa sumpah pemuda bagi generasi muda Indonesia(peristiwa sumpah pemuda memberikan banyak pelajaran bagi generasi muda,khususnya pelajaran mengenai menjaga persatuan dan kesatuan guna terciptanya keutuhan bangsa.)

Apa yang dimaksud skala peta dalam peta (skala peta yaitu perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya)

Soal Dan Pembahasan Pembelajaran 04

Lambang gunung mati dalam peta adalah (segitiga hitam)

Gunung tidak berapi dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut kecuali (pesawahan)

Persatuan dan kesatuan bangsa perlu dilandasi adanya sikap dan kebiasaan(hidup rukun)

Dampak tidak adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah (menimbulkan perpecahan dalam suatu bangsa dan negara)

cara menjaga keutuhan negara Indonesia adalah dengan menjaga persamaan yang ada salah satu persamaan yang dimiliki bangsa Indonesia dan diikrarkan dalam sumpah pemuda adalah(tumpah darah)

Pembahasan


Jika kita perhatikan dalam atlas atau peta simbol gunung tidak berapi adalah segitiga hitam sedangkan gunung berapi diberi simbol atau tanda segitiga merah.

Gunung yang tidak berapi bisa dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan kehutanan suaka margasatwa atau tempat rekreasi

sikap hidup rukun dapat mempererat hubungan persaudaraan sehingga persatuan dan kesatuan bangsa akan terjalin

Negara yang tidak bersatu akan mudah dipecah belah dan ketahanan negara pun terganggu

Isi sumpah pemuda sebagai berikut

Pertama kami putra dan putri Indonesia bertumpah darah satu tanah Indonesia

Kedua kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia

kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara maritim(karena negara Indonesia merupakan negara kepulauan dan dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan dan 1 per 3 nya merupakan daerah daratan)

Apa yang dimaksud dengan ketampakan alam(ketampakan alam adalah segala sesuatu yang tampak di permukaan bumi atau alam)

Sebutkan ketampakan alam yang terlihat di wilayah Indonesia(dataran tinggi gunung dataran rendah sungai danau Tanjung atau semenanjung dan teluk)

apa saja bentuk kegiatan untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI yang dilakukan oleh masyarakat di sekitarmu(di lingkungan kelurahan dan kecamatan kita mengenal linmas atau perlindungan masyarakat tugasnya adalah menjaga keamanan di wilayah masing-masing Membentuk siskamling dan mendirikan pos ronda)

Sebutkan sikap-sikap yang perlu dikembangkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan(menjaga kerukunan antar sesama saling menghargai, tidak mementingkan kepentingan pribadi atau golongan memiliki kepedulian dengan sesama)
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Soal dan Pembahasan Tema 5 Kelas V Lengkap"