Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Lengkap Kelas IV SD buat praktek di Kelas


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SD
Kelas / Semester        :  4 /1
                        Tema                          :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema                   :  Ayo Cintai Lingkungan (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu             ; 5 Jam Pembelajaran

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
IPA
1.1     Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;   cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

3.7    Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan,teknologi, dan masyarakat

4.6     Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat





PPKn

1.1      Menghargai kebhinne katunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3     Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.2     Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah danmasyarakat
4.1     Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh

Bahasa Indonesia
 1.2      Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
      2.4      Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4     Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4     Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumberdaya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilah kosakata baku


C.    INDIKATOR
IPA
           ·          Membedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
           ·          Mengaitkan sebab dan akibat adanya kondisi tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat dalam bentuk tulisan
PPKn
           ·          Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan peduli lingkungan
           ·          Menghubungkan sila Pancasila dengan perilaku manusia yangberhubungan dengan sikap cinta lingkungan
           ·          Merancang/mendesain poster tentang kepedulian terhadap lingkungan
Bahasa Indonesia
           ·          Mengarang cerita petualangan pribadi yang berhubungan dengan lingkungan
           ·          Memahami isi teks tentang sikap peduli lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila
           ·          Merancang poster yang berisi kalimat ajakan tentang peduli lingkungan
D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks siswa mampu mengarang cerita petualangan tentang lingkungan dengan runtut.
2.      Setelah membaca teks, dan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan sikapsikap peduli lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.
3.      Dengan menggunakan barang bekas, siswa mampu membuat poster sesuai criteria yang ditentukan.
4.      Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu membedakan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat dengan benar.
5.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengaitkan sebab dan akibat adanyakondisi tumbuhan dan hewan secara tertulis.
6.      Setelah mengamati gambar dan diskusi, siswa mampu mengaitkan sila Pancasila dengan prilaku manusia yang berhubungan dengan sikap cinta lingkungan dengan benar.
7.      Dengan menggunakan barang bekas, siswa mampu merancang poster tentang kepedulianterhadap lingkungan dengan teknik dan bahasa ajakan yang benar.

E.     MATERI
Membaca senyap teks tentang “Perjalanan ke Desa”, ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat, sikap jika ia menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat, poster tentang peduli lingkungan dengan menggunakan kalender bekas.

F.     PENDEKATAN & METODE

Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah



G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa untuk berdoa menurut kepercayaaan dan agama masing masing ( guru memerintahkan salah satu siswa untuk memimpin doa )
2.      Guru memberikan penjeklasan tentang materi hari ini meliputi ( tema, sub tema dan pembelajaran )
3.      Memberikan tantangan pertanyaan sebelum memulai pembelajaran
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Siswa membaca senyap teks tentang “Perjalanan ke Desa”
Siswa menjawab pertanyaan bacaan.
    150
    menit

Siswa menulis cerita petualangan pribadi yang berhubungan dengan lingkungan.
Siswa mengamati berbagai gambar yang menunjukkan tumbuhan dan hewan yang terawatt dan tidak terawat, kemudian memberikan tanda () pada hewan-hewan yang terawat.
·      Siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat,kemudian menuliskan sikap jika ia menemukan tumbuhan dan hewan yang tidak terawat.
·      Siswa membuat poster tentang peduli lingkungan dengan menggunakan kalender bekasdan alat pendukung lainnya.
·      Siswa membuat poster tentang peduli lingkungan dengan menggunakan kalender bekasdan alat pendukung lainnya.



Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan renungan dengan mengisi daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan sekitar dengan memberikan tanda ().
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan sikap Mencintai Lingkungan dengan bijak.
Tugas: Siswa mendiskusikan cara mencintai lingkungan dengan orang tua, terkait pemeliharaan tanaman dan hewan. Tuliskan hasil diskusimu tentang cara mencintai lingkungan.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.

    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Kurikulum
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4
·         Buku Siswa Tema 3 Kelas 4
·         Silabus
·         Kalender Bekas (Terlampir)

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
BanjarBaru, 17 Oktober 2014
Guru/Wali Kelas ,



Kelompok 6



















LAMPIRAN

1.      Bacaan

Perjalanan ke Desa
Saat liburan, Dayu, Udin, Siti, Lani, Beni,
dan Edo bersepeda menyusuri jalan di
sekitar sekolah. Tanpa disadari, mereka
sampai di daerah pedesaan. Pohon-pohon
menjulang bagai deretan raksasa
berjajar, ada pohon mahoni, pohon
asem, dan pohon mangga. Pemandangan
yang sangat indah.
Di ujung jalan, mereka berjumpa seorang tua,
Pak Jajak namanya. Ia mengumpulkan daun-daun
kering ke dalam karung dan akan membawanya pulang.
“Untuk apa daun-daun kering itu, Pak?” tanya Dayu.
“Untuk pembuatan pupuk kompos. Ayo ikut Bapak ke kebun!” jawab Pak Jajak.
Pak Jajak mengajak Dayu dan teman-teman berkunjung ke kebunnya. Di sana, Pak Jajak
memelihara berbagai hewan ternak, seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Ia juga
memelihara kerbau untuk membajak sawah.
Cerita Pak Jajak, daun itu bahan campuran untuk membuat pupuk. Caranya, sampah daun
kering itu dicampur dengan kotoran hewan ternak, ditumpuk, dan didiamkan. Sekitar 2 bulan campuran itu akan hancur menjadi pupuk alam yang disebut kompos.
“Pupuk kompos ini disukai petani karena murah, mudah dibuat, dan sangat baik untuk
meningkatkan hasil panen,” jelas Pak Jajak








   


2.      Pester dengan kalender bekas



            


3.      Daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan sekitar
KEGIATAN
SELALU
KADANG-KADANG
TIDAK PERNAH
Menanam atau merawat tanaman di rumah/di sekolah



Menyayangi hewan peliharaan



Memanfaatkan sampah daun



Senang diajak kerja bakti



Membuang sampah pada tempatnya





       

Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "RPP Lengkap Kelas IV SD buat praktek di Kelas"