RPP Lengkap Kelas IV SD buat praktek di Kelas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema : Ayo Cintai Lingkungan (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi
waktu ; 5 Jam Pembelajaran
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
IPA
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad
raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab;
terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan,teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
PPKn
1.1 Menghargai
kebhinne katunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di
lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan
perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah danmasyarakat
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh
Bahasa
Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang
Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern
dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan
dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.4 Menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam
dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumberdaya alam secara mandiri
dalam teks bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
C. INDIKATOR
IPA
·
Membedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang terawat dan tidak terawat
·
Mengaitkan sebab dan akibat adanya kondisi tumbuhan dan hewan yang
terawat dan tidak terawat dalam bentuk tulisan
PPKn
·
Menyebutkan sikap-sikap yang
mencerminkan peduli lingkungan
·
Menghubungkan sila Pancasila dengan
perilaku manusia yangberhubungan dengan sikap cinta lingkungan
·
Merancang/mendesain poster tentang
kepedulian terhadap lingkungan
Bahasa Indonesia
·
Mengarang cerita petualangan pribadi
yang berhubungan dengan lingkungan
·
Memahami isi teks tentang sikap peduli
lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila
·
Merancang poster yang berisi kalimat
ajakan tentang peduli lingkungan
D. TUJUAN
1.
Setelah membaca
teks siswa mampu mengarang cerita petualangan tentang lingkungan dengan runtut.
2.
Setelah membaca
teks, dan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan sikapsikap peduli
lingkungan yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila.
3.
Dengan
menggunakan barang bekas, siswa mampu membuat poster sesuai criteria yang
ditentukan.
4.
Setelah mengamati
gambar dan diskusi, siswa mampu membedakan tumbuhan yang terawat dan tidak
terawat dengan benar.
5.
Setelah mengamati
gambar, siswa mampu mengaitkan sebab dan akibat adanyakondisi tumbuhan dan
hewan secara tertulis.
6.
Setelah mengamati
gambar dan diskusi, siswa mampu mengaitkan sila Pancasila dengan prilaku
manusia yang berhubungan dengan sikap cinta lingkungan dengan benar.
7.
Dengan
menggunakan barang bekas, siswa mampu merancang poster tentang
kepedulianterhadap lingkungan dengan teknik dan bahasa ajakan yang benar.
E.
MATERI
Membaca
senyap teks tentang “Perjalanan ke Desa”, ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang
terawat dan tidak terawat, sikap jika ia menemukan tumbuhan dan hewan yang
tidak terawat, poster tentang peduli lingkungan dengan menggunakan kalender
bekas.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa untuk berdoa menurut kepercayaaan
dan agama masing masing ( guru memerintahkan salah satu siswa untuk memimpin
doa )
2.
Guru memberikan penjeklasan tentang materi hari ini
meliputi ( tema, sub tema dan pembelajaran )
3.
Memberikan tantangan pertanyaan sebelum memulai
pembelajaran
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa membaca senyap teks tentang
“Perjalanan ke Desa”
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan.
|
150
menit
|
|
Siswa menulis cerita petualangan pribadi
yang berhubungan dengan lingkungan.
Siswa mengamati berbagai gambar yang
menunjukkan tumbuhan dan hewan yang terawatt dan tidak terawat, kemudian
memberikan tanda (√) pada hewan-hewan yang terawat.
·
Siswa menyebutkan ciri-ciri tumbuhan dan hewan yang
terawat dan tidak terawat,kemudian menuliskan sikap jika ia menemukan
tumbuhan dan hewan yang tidak terawat.
·
Siswa membuat poster tentang peduli lingkungan dengan
menggunakan kalender bekasdan alat pendukung lainnya.
·
Siswa membuat poster tentang peduli lingkungan dengan
menggunakan kalender bekasdan alat pendukung lainnya.
|
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan renungan dengan
mengisi daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan sekitar dengan memberikan
tanda (√).
Guru menyampaikan pesan moral
untuk memanfaatkan sikap Mencintai Lingkungan dengan
bijak.
Tugas: Siswa mendiskusikan cara mencintai lingkungan dengan orang
tua, terkait pemeliharaan tanaman dan hewan. Tuliskan hasil diskusimu tentang
cara mencintai lingkungan.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Kurikulum
·
Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4
·
Buku Siswa Tema 3 Kelas 4
·
Silabus
·
Kalender Bekas (Terlampir)
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
BanjarBaru, 17 Oktober 2014
Guru/Wali Kelas ,
Kelompok 6
|
LAMPIRAN
1.
Bacaan
Perjalanan ke Desa
Saat liburan, Dayu, Udin, Siti, Lani,
Beni,
dan Edo bersepeda menyusuri jalan di
sekitar sekolah. Tanpa disadari,
mereka
sampai di daerah pedesaan. Pohon-pohon
menjulang bagai deretan raksasa
berjajar, ada pohon mahoni, pohon
asem, dan pohon mangga. Pemandangan
yang sangat indah.
Di ujung jalan, mereka berjumpa
seorang tua,
Pak Jajak namanya. Ia mengumpulkan
daun-daun
kering ke dalam karung dan akan
membawanya pulang.
“Untuk apa daun-daun kering itu, Pak?”
tanya Dayu.
“Untuk pembuatan pupuk kompos. Ayo ikut Bapak ke kebun!” jawab
Pak Jajak.
Pak Jajak mengajak Dayu dan teman-teman berkunjung ke
kebunnya. Di sana, Pak Jajak
memelihara berbagai hewan ternak, seperti ayam, bebek,
kambing, dan sapi. Ia juga
memelihara kerbau untuk membajak sawah.
Cerita Pak Jajak, daun itu bahan campuran untuk membuat
pupuk. Caranya, sampah daun
kering itu dicampur dengan kotoran hewan ternak,
ditumpuk, dan didiamkan. Sekitar 2 bulan campuran itu akan hancur menjadi pupuk
alam yang disebut kompos.
“Pupuk kompos ini disukai petani karena murah, mudah
dibuat, dan sangat baik untuk
meningkatkan hasil
panen,” jelas Pak Jajak
2. Pester dengan kalender bekas
3. Daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan sekitar
KEGIATAN
|
SELALU
|
KADANG-KADANG
|
TIDAK PERNAH
|
Menanam atau merawat tanaman di
rumah/di sekolah
|
|
|
|
Menyayangi hewan
peliharaan
|
|
|
|
Memanfaatkan sampah
daun
|
|
|
|
Senang diajak kerja
bakti
|
|
|
|
Membuang sampah pada
tempatnya
|
|
|
|
Post a Comment for "RPP Lengkap Kelas IV SD buat praktek di Kelas"
Terimakasih sudah berkunjung