Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Pengamalan Dasa Darma Yang Pertama

Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Pengamalan Dasa Darma Yang Pertama
Dasa darma adalah sebuah Kode kehormatan pramuka penggalang dan penegak, dan merupakan salah satu kode kehormatan yang harus diJunjung tinggi nilai Moral dan diusahakan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari sebagai pedoman hidup anak pramuka.

dasa darma ada 10 macam dan semuanya memiliki makna yang mendalam dan bagus diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, sebagai penuntun kehidupan, berlaku sopan, berperilaku mulia dan tidak menyombongkan diri dihadapan orang lain.

Pengamalan dasar darma yang pertama " Taqwa kepada tuhan Yang maha Esa" banyak sekali yang bisa kita lakukan dalam pengamalan Dasa darma yang pertama ini di pelajaran pramuka penting sekali mengetahui apa-apa saja yang termasuk pengamalan dasa darma taqwa kepada Tuhan yang maha Esa.

Pengamalan untuk anak - anak Pramuka muda


Di dalam pramuka tidak ada yang tua semuanya berjiwa muda karena panggilannya adalah "kakak atau Kak" pembina atau " kak" pelatih dan "adik pramuka" adalah saling terjalinnya pertemanan dan pengajaran yang tidak mengekang di dalam kegiatan ber Pramukaan.

dasa darma yang ke 1 adalah taqwa kepada tuhan yang maha esa, memberikan cerminan dan contoh yang nyata kepada peserta didik adik - adik pramuka bahwa kita harus mentaati perintah tuhan di dalam kondisi Apapun dan bagai manapun keadaannya. harus patuh dan tunduk kepada perintah tuhan.

1.Berusaha untuk tidak meninggalkan ibadah

berusaha tidak meninggalkan perintah ibadah kepada tuhan adalah salah satu pengamalan dasa darma yang pertama, orang islam rajin sholat baik di rumah, di sekolah di tempat-tempat lainnya, bahkan pada saat kegiatan kepramukaan pun harus rajin sholat, jangan jadi alasan kegiatan pramuka menjadi penghalang kita beribadah, karena esensi dalam kepramukaan adalah mengajarkan peserta didik bermoral dan berkarakter yang baik.

Begitupun orang kresten dan non Muslim lain, Mereka harus taat beribadah kepada tuhannya, Yang kristen beribadah di gereja dan yang Buddha beribadah di tempat ibadah yang sesuai dengan agamanya masing - masing.

2.Mengejek agama orang lain Tidak DI benarkan

Memperolok dan mengejek agama teman se tim pramuka, adalah bentuk hal yang dilarang dalam bersikap dan penerapan pengamalan dasa darma yang pertama. tingginya rasa toleransi antar beragama harus di terapkan di dunia kepramukaan, hargai mereka sewajarnya. Apabila ada di antara anggota pramuka kita yang beda agama.

3.Menunaikan kewajiban Selain beribadah

Sebagai makhluk yang bertuhan maka sebaiknya kita memiliki dan merasakan bahwa diri kita ini tidak hidup sendirian, Menumbuhkan rasa saling berbagi antar sesama sebagai makhluk tuhan lainnya pun muncul di dalam hati dan benak pikiran kita. alangkah baiknya jika suka menolong dan  antar sesama teman se anggota pramuka yang lain, Baik berbagi kebaikan atau saling menghormati antar sesama.

4.Menghafal rukun iman dan rukun islam bagi orang islam

Menghafal rukun iman dan rukun islam sebagai tumpuan dan dasar pedoman kehidupan bagi orang islam, cara ini di wajibkan bagi setiap orang islam agar semua muslim selalu taat dengan perintah Allah s.w.t. Mengamalkan dan menjalankan dari semua rukun islam itu pun wajib adanya sehingga akan menjadi manusia yang bertaqwa dan beriman kepada Allah s.w.t.

5.Mengerjakan Sholat lima waktu bagi Orang Islam

Mengerjakaan sholat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi orang islam, hal ini dikarenakan sholat adalah tiang agama dan pondasi keimanan seseorang sebagai seorang muslim sejati. Menjalankan perintah Allah dalam hal mengerjakan shalat menjadikan iman dan keaqwaan seseorang semakin bertambah sehingga pengamalan dasa drama yang pertama makin mantap bagi anak seorang pramuka.

Mengenal agama di Indonesia Sebagai Bentuk Pengamalan Dasa Darma Yang Pertama


Agama Islam
Nama Kitab Suci : Al-Qur’an
Nama Pembawa : Nabi Muhammad SAW
Permulaan : Sekitar 1400 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Masjid
Hari Besar Keagamaan : Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijrah, Isra’ Mi’raj
Jumlah Penganut : 207.176.162 jiwa (87,18%)

Agama Kristen Protestan
Nama Kitab Suci  : Alkitab
Nama Pembawa : Yesus Kristus
Permulaan : Sekitar 2000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Gereja
Hari Besar Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Jumlah Penganut : 16.528.513 jiwa (6,96%)

Agama Katolik
Nama Kitab Suci : Alkitab
Nama Pembawa : Yesus Kristus
Permulaan : Sekitar 2000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Gereja
Hari Besar Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Kenaikan Isa Almasih
Jumlah Penganut : 6.907,873 jiwa (2,91%)

Agama Hindu
Nama Kitab Suci : Weda
Nama Pembawa : –
Permulaan : Sekitar 3000 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Pura
Hari Besar Keagamaan : Hari Nyepi, Hari Saraswati, Hari Pagerwesi
Jumlah Penganut : 4.012.116 jiwa (1,69%)

Agama Buddha
Nama Kitab Suci : Tripitaka
Nama Pembawa : Siddharta Gautama
Permulaan : Sekitar 2500 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Vihara
Hari Besar Keagamaan : Hari Waisak, Hari Asadha, Hari Kathina
Jumlah Penganut : 1.703.254 jiwa (0,72%)

Agama Kong Hu Cu
Nama Kitab Suci : Si Shu Wu Ching
Nama Pembawa : Kong Hu Cu
Permulaan : Sekitar 2500 tahun yang lalu
Tempat Ibadah : Li Tang / Klenteng
Hari Besar Keagamaan : Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh
Jumlah Penganut : 117.091 jiwa (0,05%)
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Pengamalan Dasa Darma Yang Pertama"