Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Game Buat anak Pramuka Terbaru

Pramuka memang menjadi tumpuan untuk melatih mental dan kemampuan anak agar lebih berkembang lagi, banyak sekali kegiatan yang menjadikan anak pramuka semakin berkembang dirinya dan semakin maju pemikirannya.

Melalui beberapa permainan anak-anak di dalam kegiatan pramuka maka akan menjadikan mereka semakin tahan mental dan kuat fisiknya, sehingga kreatifitas mereka pun semakin berkembang dengan pesat. Perlunya kegiatan di luar lapangan akan selalu membangkitkan semangat mereka dalam mengikuti kegiatan pramuka.

Game atau permainan anak akan selalu menumbuhkan gerakan fisik dan dapat menghibur hati anak ketika mengikuti kegiatan kepramukaan. Sehingga semakin menjadikan akan mencintai Pramuka dan tidak Bosan dengan kegiatan Pramuka.

Adapun beberapa alternatif Game yang bisa dimainkan ketika Kegiatan Pramuka antara Lain :

Game Ular Terpanjang

Game Ular Terpanjang
Game anak Pramuka yang pertama adalah Game ular terpanjang, Cara memainkan game ini cukup sederhana. adik-adik pramuka diminta untuk menyusun sepanjang mungkin atribut yang ada di badan mereka. Menyusunnya pun secara memanjang dan tidak boleh putus.

adapun benda-benda yang disusun antara lain meliputi sepatu, ikat pinggang, topi, kacu, kaos kaki dan lain sebagainya tergantung kreatifitas mereka, sampai badan pun disusun saling bersampuk tangan dan saling berpegangan tangan.

Pemenang dari sebuah game ini adalah satu regu yang memiliki susunan paling panjang dan paling lengkap, Susunan atribut yang paling lengkap dan terpanjang memiliki nilai poin tertinggi dan dianggap sebagai Pemenang. Dengan permainan ini maka anggota pramuka akan menggerakkan seluruh anggota badannya dan menyenangkan sekali bagi pramuka muda.

Game Keseimbangan Tongkat

Game Keseimbangan Tongkat
Game pramuka Keseimbangan Tongkat ini dimainkan dengan menggunakan peralatan ( Tongkat, Tali Temali, dan 6 orang beregu. Keseimbangan tongkat bisa dimainkan oleh anak-anak pramuka siaga dan penggalang. Cara memainkannya cukup sederhana, kakak dan adik-adik sekalian hanya memberikan ikatan tali di ujung tongkat.

Tali tersebut diikat dengan erat dan usahakan jangan sampai terlepas dari ikatan ujung tongkat, tali ada 4 penjuru, karena untuk menyeimbangkan tongkat hanya dengan menggunakan tali. DI bawah ujung tongkat yang terikat tadi ada sebuah tongkat yang disejajarkan untuk menyangga tongkat yang berdiri tegak dan di letakkan di atas tongkat yang sejajar tadi.

Setelah itu secara perlahan tali di 4 penjuru dan tongkat sejajar di angkat dari atas tanah dengan posisi Tongkat yang terikat tali tersebut berdiri di atas tongkat yang sejajar di bawa dua orang peserta. Kemudian dibawa berjalan dengan perlahan dan kekompakan mempertahankan tegaknya dan tongkat tidak terjatuh pun dimulai, Buat garis finish permainan ini dengan membawa Tongkat ke salah satu garis.

Game Keseimbangan Balon

Game Keseimbangan Balon
Game keseimbangan Balon Merupakan sebuah Game yang dimainkan bisa menggunakan empat orang atau bisa menggunakan 8 orang tergantung dari kesepakatan pemain, Permainan ini menguji kekompakan dan keseimbangan peserta didik pramuka, Baik penggalang maupun pramuka siaga.

Permainan Keseimbangan Balok merupakan sebuah permainan yang mengharuskan pesertanya untuk membentuk regu secara  keseluruhan, dan bersiap untuk menyeimbangkan Balon yang telah diisi air lalu balon itu diletakkan di sebuah Piring kecil, sehingga sedikit saja goyang maka balon tadi berguling ke tanah dan pemain dinyatakan kalah.

Perlunya keseimbanagn dan kekompakan dalam permainan ini menjadikan siswa semakin rajin dan semakin mengenal pramuka. Belajar disiplin serta belajar memahami Kekompakan adalah tujuan utama dalam permainan ini.

Game Balap Holahop

Game Balap Holahop
Game Hulahop, adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan Hulahop. Permainan ini dimainkan secara beregu dengan menggandengkan tangan, satu sama lain. tangan saling memegang tangan teman lainnya sehingga permainan ini diMainkan dengan segala kekompakan yang ada. Permainan Hulahop memiliki ciri khas ketangkasan,kecepatan, kekuatan dan Kekompakan antar sesama tim.

Permainan ini dimulai pada saat panitia memberikan masing masing satu hula hoop pada satu tim dan perhitung memulainya ada di Keputusan panitia. Pada saat Peluit diBunyikan masing masing Peserta  memasukkan Hoolahoop mereka ke dalam Kepala mereka dan mengoper nya ke kepala teman di belakangnya dengan catatan, tangan masih memegang tangan teman yang lainnya. Kecepatan melempar ke teman yang satu ke teman yang lainnya merupakan sebuah adu kecepatan, begitupun dengan peserta dari grup lain mereka saling berlomba dan memasukkan holahop ke dalam kepala dan tangan mereka sehingga holahop itu sampai ke peserta paling ujung dan melepaskannya maka dia dinyatakan telah selesai melaksanakan perlombaan.

Game Musang dan Ayam


Game ini sering kali dilakukan di sela-sela istirahat kegiatan pramuka, Game Musang dan ayam memiliki karakteristik yang cukup Kuat dalam melatih peserta didik untuk siap siaga dalam mempertahankan Benteng dirinya.

Gam Musang dan ayam memberikan kesan yang menarik untuk di lakukan, dijana ada 2 orang pemain yang bertindak sebagai Musang dan ayam. Tugas si Musang adalah mencari ayam sampai menyentuhnya. lalu musang tersebut bisa di katakan sudah bebas dari mandat untuk mengejar ayam. Akan tetapi ayam yang telah di sentul oleh musang akan berubah menjadi Musang dan wajib mencari mangsa Agar ia bisa menjadi ayam Lagi.

Mencari mangsa dengan mengejar si ayam lain adalah suatu cara melepaskan diri dari kutukan menjadi musang secara terus menerus.

Pemain :


Musang 1 orang
ayam   1 orang
Kandang Ayam  ( Kumpulan beberapa orang dan berpotensi bisa menjadi ayam apabila ayam Masuk kandang dan menyentuh salah seorang di dalam kandang tersebut ).

permainan ini sangat seru dimainkan apalagi di mainkan oleh anak siaga maka semakin seru permainan, anak penggalang dan pandega pun bisa memainkan permainan ini, untuk hanya sekedar Hiburan.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Macam - Macam Game Buat anak Pramuka Terbaru "