Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sandi Morse Bendera dan Sandi Merah putih

Sandi bendera  Morse 


Sandi merupakan sebuah kode pesan yang di sampaikan secara rahasia kepada seseorang, sandi tidak boleh di ketahui oleh orang banyak, sehingga sandi itu sifatnya rahasia.

Salah satu yang termasuk ke dalam  ranah sandi-sandi di dalam pramuka adalah bendera Morse, sandi yang memakai bendera morse memang sangat rumit untuk di pelajari, bendera Morse harus di pelajari dengan sungguh, sungguh jangan setengah setengah, makanya para master pramuka akan selalu mencari Riset ilmu pengetahuan untuk mencari tahu sandi bendera Mourse tersebut.

Cara menggunakan bendera Morse memang cukup sederhana, bendera morse yang berukuran 90cm x 60 cm di kaitkan pada sebuah tongkat dengan panjang 120 Cm. Warna bendera ini pun menyesuaikan dengan latar belakangnya berwarna apa. Kebanyakan bendera morse ini berwarna dasar Putih dengan garis di tengah berwarna gelap. Warna dasar gelap untuk latar belakang gelap. Warna dasar gelap dengan garis tengah berwarna terang untuk latar belakang terang.

Penggunaan bendera Morse ini pun hanya dengan mengibarkannya saja, biasanya kakak-kakak pramuka akan mengibarkan bendera morse ini untuk memberi aba-aba dan memberitahu terjadinya sesuatu kepada adik-adik pramuka.

Lalu berikut cara menggunakannya adik-adik pramuka;
Tangan kiri kalian pada ujung tongkat di bawah tangan kanan memegang tongkat sebelah atas.
Tangan kanan dimuka bahu kiri dan tongkat miring ke kanan
Bendera di gerakkan membentuk angka delapan yang berbaring agar bendera terus berkibar.
Cara membuat garis dan titik, kalian tinggal lambaikan bendera dari kiri ke kanan.
a.untuk titik sama di atas kepala kekanan
b.untuk garis hampir menyentuh tanah
c.untuk selesai satu kata bendera di lempar ke kiri bawah.

Tiap selesai melambaikan satu huruf, bendera harus dekembalikan dalam sikap sedia selama 1 detik
Dari titik ke garis melambaikan satu huruf, bendera harus dikembalikan dalam sikap sedia selama satu detik. Untuk  pos penerima kalau kata yang dibaca huruf demi huruf, maka pada pembacaan huruf kata-kata terakhir sebutkan “selesai satu kata” (bagi pembaca)
Untuk menyampampaikan isyarat bendera  morse dengan alat bendera dilakukan seperti di bawah ini :
sandi bendera morse
Begitu cara memainkan sandi bendera morse, cukup mudah bukan, moga saja bisa dan dapat mempraktekkannya di lapangan dan memperagakannya untuk adik-adik pramuka, memang sandi ini belum banyak yang mengetahui sehingga sandi ini akan jauh lebih baik kita bahas sama - sama.

Morse Sandi Merah Putih

sandi merah putih

Selain sandi morse bendera, ada pula sandi bendera merah putih, sandi ini menuntut kalian untuk memuat beberapa kalimat dan suku kata menggunakan huruf mendatar dan huruf horizontalnya saja, misal A ditulis dengan Huruf MP.

Contoh:

Pramuka = MI,RI,MP,RT,MH,MT,MP

#sandipramuka #sandipramukapengganlang #sandipramukapenegak #penegak #penggalang #siaga #cepat sandi
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Sandi Morse Bendera dan Sandi Merah putih"