Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pramuka Penggalang serta Tugasnya

Pramuka adalah semua anggota gerakan pramuka yang terdiri dari beberap tingkatan, pramuka memiliki tingkatan siaga, penggalang, penegak, dan pendega, semua tingkatan itu merupakan bagian dari pramuka, sekarang yang kita bahas adalah apa itu pengertian penggalang dan apa tugas seorang pramuka penggalang.
Pengertian Pramuka  Penggalang serta Tugasnya

Penggalang adalah sebuah tingkatan di dalam pramuka, setelah siaga biasanya anggota pramuka penggalang berumur antara 11-15 tahun dan masih usia sekolah dasar kelas enam dan kelas lima sekolah dasar biasanya.

Pramuka penggalang memiliki beberapa tingkatan lagi, dan pramuka penggalang di sebut sebagai pramuka remaja yang menuju kedewasaan,  banyak sekali latihan dan kegiatan pramuka penggalang, segala ide-ide kreatif banyak di kegiatan pramuka penggalang.

Pramuka penggalang memiliki tingkatan yang bermacam - macam di antara tingkatan itu adalah;

1. Penggalang Ramu
Penggalang ramu adalah penggalang yang masih muda dan bari di angkat menjadi penggalang, penggalang ramu ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ide-ide cemerlang melatih dirinua untuk berkreasi dan melahirkan ide -ide kreatif.

2. Penggalang Rakit
Memasuki penggalang rakit, anggota pramuka sudah mampu mempraktekkan hal sederhana yang di dapat dari hasil pemikirannya tadi ,  pada tahapan ini seorang anggota pramuka banyak di tuntut untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

3. Penggalang Terap
Ketika rakit maka masuk ke penggalang Terap, menerapkan segala sesuatu , mampu menerapkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang di dapatnya, dan di gunakan untuk orang banyak, tingkatan penggalang ini, anak pramuka atau anggota pramuka banyak di minta untuk melakukan kegiatan nyata melalui penerapan ilmu yang bermanfaat.

4. Penggalang Garuda
Penggalang garuda adalah hasil akhir dari peggalang, penggalang garuda merupakan salah satu jenis anggota penggalang terakhir, masa kesempurnaan penggalang ada pada tahapan ini, dan anak penggalang pun di sebut sebagai penggalang sejati.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Pengertian Pramuka Penggalang serta Tugasnya"