Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pramuka Golongan Siaga Terbaru

tanda kecakapan umum pramuka siaga png
Pramuka terdiri dari beberapa tingkatan, dan tingkatan yang paling awal adalah pramuka golongan siaga, pramuka golongan siaga ini di peruntukkan buat anak-anak yang kecil, dan mempunyai umur 7-10 tahun.

Pengertian lain dari pramuka siaga "Siaga adalah sebutan bagi anggota pramuka yang memiliki rentang usia 7-10 tahun. Biasanya sih anak SD kelas 1-3 adalah anak pramuka siaga.Satuan terkecil dalam golongan siaga biasa disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam satu satuan besar yang dinamakan Perindukan. Satu Barung biasanya diisi 6-10 orang anggota pramuka siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung atau Pinrung.

Siaga merupakan anak-anak yang aktif dalam kegiatan pramuka,antusias dan keakifannya sudah tidak di ragukan lagi, golongan siaga mereka adalah anak-anak yang lucu dan masih dalam masa-masa suka bermain, jadi bagi yang ingin melatih siaga, maka kalian perlu menyiapkan segenap ide-ide cemerlang untuk melatih anak siaga dan menyelipkan segenap permainan kepada anak-anak siaga agar anak siaga tidak bosan dalam melaksanakan dan menerima pembelajaran.

Dalam golongan siaga, ada tiga tingkatan yang dibedakan sesuai dengan syarat kecakapan umum (SKU) yang wajib dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga. Tingkatan tersebut antara lain Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

Pramuka Golongan Siaga Mula

Adalah pramuka siaga yang masih awal dalam mengikuti kegiatan pramuka siaga mula di latih sebagai dasar kegiatan menuju ke tingkatan berikutnya, ibaratnya pramuka itu perlu beberapa tangga untuk menggapai ke tingkatan berikutnya.

Pramuka Golongan Siaga Bantu

Siaga bantu merupakan tingkatan kedua dari buku Skk, tingkatan ke dua harusnya menjadi contoh bagi para adiknya yang lain, terutama bagi adik yang masih berjalan di siaga Mula.

Pramuka Golongan Siaga  Tata

Siaga Tata adalah tingkatan ketiga atau terakhir dalam Syarat-syarat Kecakapan Umum satuan Pramuka Siaga. setelah Siaga Mula dan Siaga Bantu. Pramuka Siaga yang telah menyelesaikan SKU Siaga Tata dapat mengikuti Pramuka Garuda untuk golongan Pramuka Siaga. 
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Pengertian Pramuka Golongan Siaga Terbaru"