Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal dan Menyusun Pancasila Anak Pramuka

Pancasila merupakan dasar dan lambang negara kesatuan republik Indonesia, Kita mengenal betul yang namanya pancasila yang merupakan pedoman sekaligus dasar negara kesatuan republik Indonesia.

Dahulu pancasila merupakan salah satu pilar wajib bagi seorang ASN, dimana ia harus menghafal seluruh isinya, maknanya dan segala bentuk lambang yang ada di dalam tubuh pancasila.

Bagi seorang anak pramuka pancasila merupakan salah satu pedoman dan landasan di dalam  kehidupannya pramuka siaga maupun pramuka penggalang serta pramuka penegak dan pendega. Untuk mengenal lebih jauh menganai pancasila  maka di jelaskanlah dalam bentuk gambar seperti di bawah ini.


Merangkai Pancasila  untuk memahami pancasila

Gambaran singkat Mengenai Pancasila

Untuk merangkai beberapa kata pancasila maka seorang kakak pembina harus memisah - misah dan memotong-motong bagian dari pancasila tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya memotong bagian dari gambarnya, memotong bagian dari katanya serta pemotongan yang lainnya.

Tujuannya adalah untuk memberikan permainan sekaligus pembelajaran kepada adik-adik pramuka, baik siaga, penggalang maupun penegak. Hal ini didasari atas pemotongan pancasila yang Meliputi.

Pemotongan Lambang Pancasila

puzle Pancasila New


Pemotongan Kata-kata Pancasila

puzzle pancasila new


Kerangka Pancasila


puzle pancasila



Itulah beberapa cara pembinaan memperkenalkan kepada adik-adik siaga dan penggalang mengenai pancasila, mereka diminta untuk menyusun kalimat, gambar dan berbagai macam isi ( kata dan tulisan ) yang ada di pancasila tersebut, sehingga akan terbentuk dalam suatu susunan yang rapi, kecepatan dan ketepatan adalah landasan untuk menyusun Pancasila Tersebut.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Mengenal dan Menyusun Pancasila Anak Pramuka"