Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima permainan dalam pesta siaga

Pesta siaga adalah salah satu kegiatan yang memberikan edukasi kepada anggota pramuka siaga, adik-adik siaga, berbagai macam kegiatan dan permainan di lakukan pada pesta siaga sedang berlangsung, di antararanya adu kecerdasan, ketangkasan dan kecepatan.

Berbagai macam permainan sering dijadikan sebagai bahan lomba untuk anak siaga, baik siaga mula dan siaga bantu semuanya ikut andil dalam perlombaan, banyak sekali lomba dan permainan anak siaga.

Berikut ini ada lima permainan atau game yang sering dimainkan pada saat pesta siaga, mungkin tulisan ini akan menjadi referensi bagi kalian sebagai adik-adik pramuka dan kakak-kakak Pembina untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan membentuk dan melatih permainan untuk anak siaga.

Bola Gembira

Permainan ini adalah salah satu permainan siaga yang berguna untuk melatih ketangkasan mereka serta kecepatan mereka dalam menggulingkan bola di dalam air, ketangkasan dan kecepatan mereka akan diuji.

Cara memainkan permainan ini adalah dengan menyediakan sekitar 5 gelas pop ice atau gelas yang kosong, kemudian gelas kosong tersebut diberikan air, dan ketika air di dalam gelas penuh maka anak-anak siaga akan melakukan tipuan pada Bola tersebut untuk melompat ke gelas berikutnya sehingga Bola akan jatuh ke bola berikutnya, Lakukan tiupan lagi dan sebelumya gelas tersebut diisi air dulu sehingga Bola akan mengapung dan Dorong lagi bola tersebut menggunakan Udara dari Mulut masing masing peserta,siapa yang paling cepat finish dan mendapatkan gelas terbanyak ialah seorang pemenangnya.

Memasukkan Pensil kedalam Botol

Berlomba dalam memasukkan pensil kedalam botol memang sudah menjadi kebiasaan pada setiap arne permainan dan perlombaan pesta siaga, memasukkan pensil kedalam botol bisa dilakukan dengan menggunakan tangan, dan tidak menggunakan tali, main nya beregu dan bisa sampai dengan 8 orang. Teknik bermainnya setiap orang menahan kaki si pembuat pensil jangan sampai roboh atau melewati garis.

Peta Buta

Peta buta merupakan permainan yang mengasah kemampuan anak, peta buta memberikan sedikit pengetahuan kepada adik – adik pramuka dengan memainkan peta buat maka ia akan dilatih  untuk menghafal sekaligus meletakkan nama-nama daerah kedalam peta buta tersebut, apakah mampu atau tidak,.

Puzzle Dwi darma dan Dwi satya

Puzzle adalah permainan menyusun atau merangkai benda yang berhubungan dengan tulisan dwi darma dan dwi satya pramuka siaga, permainan ini berguna untuk menghafalkan tentang kode kehormatan anggota pramuka siaga. Sehingga adik-adik siaga akan memahami dan mampu mengingat kode kehormatan siaga itu dengan baik.

Puzzle Pancasila



Adalah merupakan salah satu permainan siaga di dalam pesta siaga, Puzzle Pancasila perintahnya adalah menyusun patahan atau pecahan lambang Pancasila, isi Pancasila menjadi satu bagian yang utuh, Puzzle Pancasila akan mengajarkan adik-adik siaga untuk menghafal sekaligus mengasah kecepatan penyusunan tabel Pancasila.

Jembatan Berjalan

Jembatan Berjalan
Adalah salah satu permainan yang mengadu kecepatan dan kekuatan pada adik-adik siaga, permainan ini menggunakan sebuah tongkat atau papan yang telah disusun pada atas paha adik pramuka, jumlah pemain bisa delapan atau tujuh orang, boleh menggunakan tiga jembatan atau lebih. Permainan ini dapat melatih kecepatan,keseimbangan dan kerjasama tim adik-adik siaga.

Itulah beberapa permainan yang ada di pesta siaga, semoga dengan adanya berbagai macam permainan tersebut maka adik-adik siaga merasa terbantu dalam menyelesaikan pramukanya, bahkan dengan adanya permainan  kecil di atas adik-adik siaga akan semakin giat dalam melaksanakan kegiatan perindukan di sekolah masing masing.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Lima permainan dalam pesta siaga"