Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Adanya Pramuka di Indonesia

api unggun pramuka pertama
Pramuka di indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, pasang surut dalam aktivitas beberapa organisasi pada masanya. dimana pada saat masa itu Indonesia masih berada pada masa penjajahan.

Kepramukaan indonesia memang meniti jalan yang panjang, sebelum merdeka pun sudah ada beberapa kepanduan yang di khususkan untuk membantu rakyat dalam melakukan perlawanan kepada penjajah. Pramuka menjadi motor penggerak semangat perjuangan di negeri ini, memiliki jiwa ksatria dan gagah berani.

Indonesia itu dikenal dengan tiga masa pramuka, Yaitu gerakan pramuka pada masa penjajahan Belanda, gerakan pramuka pada masa penjajahan jepang dan gerakan pramuka setelah indonesia Merdeka

Mengintip sejarah pramuka pada penjajahan Belanda

pandu pada jaman belanda


Gerakan pramuka adalah sebuah kepramukaan dan gerakan yang dibawakan oleh Kolonial belanda selama masa penjajahan belanda, Gerakan pramuka pada masa penjajahan belanda pendirinya adalah seorang dari bangsa belanda sendiri namanya adalah Nederland Indische padvinders Vereeniging atau NIPV. dalam bahasa indonesia dikenal dengan persatuan pandu hindia Belanda.

pada saat itu beberapa tokoh menganggap organisasi ini bisa membentuk karakter masyarakat yang saat itu masih dijajah, Sehingga beberapa organisasi lain juga telah berdiri,

Pada saat setelah sumpah pemuda, kesadaran masyarakat indonesia semakin meningkat, Hingga beberapa organisasi Kepanduan dari berbagai daerah bergabung. Pada tahun 1930 terbentuk pandu pemuda sumatra (PPS). Tahun 1931 terbentuk persatuan antar pandu Indonesia de negara ini.

Pada tahun 1936 berubahlah nama menjadi badan Pusat persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). pada saat itu BPPKI melakukan kegiatan yang pertama kali dengan nama PERKINO ( Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem). Perkemahan inilah yang akan menjadi cikal bakal Pelaksanaan Kegiatan Jambore nasional hingga sekarang.

Sejarah Pramuka Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang


Masa penjajahan jepang, Gerakan Pramuka terus bertahan, pada masa perang dunia ke-2 tentara jepang melakukan penyerangan kepada Belanda. Sehingga banyak tokoh kepanduan indonesia ditarik masuk keibodan, Peta dan Seinendan. Yang merupakan beberapa organisasi bentukan tentara jepang yang mereka gunakan untuk mendukung tentara jepang.

Pada saat itu jepang melarang berdirinya partai dan organisasi rakyat Indonesia, Tidak hanya itu, jepang menganggap gerakan kepanduan merupakan Organisasi berbahaya karena dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan rakyat indonesia.

Meskipun demikian, hal yang semacam itu tidak menyurutkan niat semangat dan kepanduan indonesia untuk menjalankan Perkino II dalam perjuangan kemerdekaan indonesia Mengusir tentara jepang.

Pada Zaman Kemerdekaan begini sejarah Pramuka

Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an.
Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an. by : wikpedia.com

Tidak lama setelah Indonesia Merdeka, pada tanggal 28 Desember 1945, didirikanlah organisasi pandu rakyat Indonesia di kota Solo. Organisasi Ini ditetapkan sebagai wadah kepanduan dimana anggota Kepanduan Indonesia bisa melakukan pernaungan.

Pada tahun 1961, terdapat sekitar 100 organisasi kepanduan Indonesia yang terbagi menjadi 3 federasi Organisasi. Yaitu, Persatuan kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan persatuan Putera puteri Indonesia.

Kemudian pada tanggal 14 agustus 1961 gerakan pramuka dikenalkan kepada masyarakat Indonesia, disini sudah bergabung lah beberapa pandu-pandu di daerah dalam satu ruang lingkup kepramukaan. pada tanggal ini gerakan pramuka resmi disampaikan kepada masyarakat Indonesia dan pada tanggal 14 agustus diperingati sebagai Hari pramuka indonesia.

Dengan sejarah pramuka singkat ini semoga adik-adik pramuka dan para kakak pembina pramuka semakin mencintai pramuka, karena melihat perjuangan yang penuh susah payah serta penuh perjuangan sekali mendirikan kepanduan pramuka ini.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Sejarah Adanya Pramuka di Indonesia"