Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kompas Pramuka Sejati

Kompas merupakan sebuah alat yang menunjukkan arah beberapa mata angin di dunia. Kompas menggunakan cara tersendiri dalam menunjukkan arah mata angin tersebut, Kompas sering digunakan para pendaki gunung, mendaki Hutan dan orang - orang  yang memiliki Jiwa Petualang.

Dalam pramuka Kompas dikenal sebagai alat untuk Penunjuk Jalan, kompas diGunakan pada saat adek - adek pramuka Memainkan Permainan wide Game. Permainan ini akan mengadu ketangkasan, kekuatan serta Kecerdasan Anak-anak Pramuka. Dan Penjelajahannya Pun terkadang di dalam hutan

Maka dari perlu Kalian Pahami pembelajaran Kompas itu sangat penting sekali bagi kalian, alangkah Baiknya Belajar Kompas lebih mendalam disini, sehingga Kamu bisa memahami apa itu Kompas dan Bagaimana cara Membaca Kompas Untuk Kegiatan wide Game pramuka nantinya.

Macam - Macam bagian Kompas

Kompas bidik dasar

Kompas terdiri dari beberapa bagian, adapun Bagian - bagian Tersebut adalah ;

1.Dial adalah angka - angka yang terdapat di dalam Kompas
2.Visir, adalah alat bidik yang merupakan sasaran, berupa benang halus dengan arah vertikal untuk membidik sasaran tembak
3.Tutup dial, bentuknya seperti sudut 45 derajat, gunanya adalah Untuk mempermudah menentukan arah mata angin lainnya jika salah satu mata angin di ketahui.
4.Gantungan Kompas adalah pengait yang berguna ketika kompas tidak digunakan dapat pula kamu meletakkan ibu jari pada saat membidik sasaran.
5.Kaca pembesar, untuk melihat secara detail angka pada dial.

Jenis Kompas dan Macamnya


Kompas memiliki beberapa jenis, nama Kompas itu banyak sekali,jenisnya dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis kompas yang biasa dipakai oleh adik-adik pramuka dalam menemukan dan menunjukkan arah jalan tujuan;

1. Kompas Bidik atau prisma, Kompas ini memiliki fungsi utama sebagai penghitung sudut sasaran bidik ( tempat atau benda ) secara langsung. Untuk menggunakannya kamu hanya tinggal membidikkan kompas secara langsung ke arah sasaran, dan bacalah sudut sasaran secara cepat pada skala kompas, Besar sudut akan dibuat oleh arah bidikan dan arah jarum ( utara ) itulah sudut sasarannya ( bearing ).
kompas bidik

2.Kompas silva, adalah kompas yang memiliki fungsi utama untuk mempermudah perhitungan dan pembacaan peta secara langsung,  Badan dan pembungkus Kompas silva akan selalu di buat transparan , karena untuk mempermudah pembacaan peta yang diletakkan di bawahnya.
Kompas Silva

3. Kompas Biasa, memiliki fungsi utama sebagai petunjuk arah, dan berdasarkan prinsip gaya magnet, dan kompas biasa ibaratnya adalah sebuah kompas dasar, yang mudah dipelajari, ukuran kompas biasanya umumnya lebih kecil dari 2 jenis kompas yang lain, Untuk sekedar penunjuk arah mata angin, Kompas biasa lebih diandalkan daripada kompas-kompas lain.

Kompas itu terdiri dari 3 Komponen, misalkan , Badan Kompas, Jarum magnet, dan Skala arah mata angin. fungsi dan kegunaan Kompas banyak sekali, dalam berbagai macam aktifitas yang menantang misalnya dalam petualangan di dalam Hutan serta ketika kamu tersesat di jalan menjelajah pramuka misalkan, kompas selalu menjadi andalan untuk menunjukkan arah pulang menuju lokasi yang sebenarnya.

Bagian - Bagian Kompas Yang penting antara Lain;



  1. Dial, Permukaan dimana tertera angka dan Huruf seperti pada permukaan Jam
  2. visi, Yaitu pembidik sasaran
  3. kaca pembesar, untuk pembacaan pada angka
  4. Jarum penunjuk
  5. Tutup dial dengan garis bersudut 45 derajat
  6. Alat menggantung, digunakan sebagai Penyangkut ibu jadi untuk menopang kompas pada saat membidik.


Angka angka di Kompas beserta artinya;


1.North = Utara = 0
2.North East = Timur Laut = 45
3.South = Selatan = 180   
4.West = Barat = 270                                           
5.East = Timur = 90   
6.South East = Tenggara = 135       
7.South West = Barat Daya = 225           
8.North West = Barat Laut = 325


Langkah - Langkah Menggunakan Kompas

cara menggunakan Kompas

Adapun langkah-langkah Menggunakan Kompas adalah sebagai Berikut;


  1. Letakkan Kompas diatas permukaan yang datar, setelah jarum kompas tidak bergerak lagi, maka jarum tersebut menunjuk arah utara magnet.
  2. Silahkan kamu bidik sasaran menggunakan Visir dengan kaca pembesar, miringkan sedikit kaca pembesar, kira-kira berkisar 50 cm di mana hal ini, akan berfungsi sebagai pembidik ke arah Visir dan mengintai angka pada dial.
  3. Apabila visir diragukan karena kurang jelas di lihat dari kaca pembesar, silahkan kamu meluruskan garis yang terdapat pada tutup dial, ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah dilihat melalui kaca pembesar.


Itulah penjelasan mengenai pengetahuan tentang Kompas, semoga anak-anak dan adik-adik pramuka serta kakak pembina dapat memberikan ilmu kompas kepada mereka yang masih belum mengerti bagaimana membaca Kompas yang baik dan benar, dengan adanya pengetahuan ini semoga saja untuk membaca kompas tidak akan salah lagi. Salam Pramuka jaya.
Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Mengenal Kompas Pramuka Sejati"