Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Pramuka dan Kepramukaan

Pramuka sering kita mendengar istilah " pramuka" dan " kepramukaan " tahukah kamu jika keduanya itu mempunyai arti dan makna yang berbeda, beda makna dan arti, anggota pramuka sering keliru dalam mengartikan kedua sebutan tersebut.
Perbedaan Pramuka dan Kepramukaan
Anggota pramuka memang memiliki jiwa kesatria yang begitu dalam, mimpinya terus meninggi setinggi langit dan jiwanya terus terasah untuk selalu mengamalkan tri satya dan dasa darma pramuka, anggota pramuka adalah anggota yang berani bersahaja dan selalu berusaha menanamkan sikap kebaikan kepada anggota lainnya.

Pramuka Siaga misalnya sejak dini ditanamkan sikap saling menghargai dan gotong royong, pramuka siaga dimulai usia yang muda sudah di ajarkan sikap rendah hati dan menghargai antar sesama anggota lainnya.

Pramuka Itu..

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda karana, merupakan wujud seseorang yang mencintai pramuka, adalah seseorang yang ikut serta dalam kegiatan pramuka, pramuka bisa di katakan dengan seseorang yang ikut pramuka atau (red : Orangnya ) pramuka. Sehingga sering kali dalam pramuka itu ada Pramuka dan ada Kepramukaan 2 hal yang tidak bisa dipisahkan.

Pramuka bisa berwujud seorang laki-laki maupun perempuan, siapa saja bisa jadi anggota pramuka, dan anggota pramuka sejati adalah ia yang selalu taat dan setia pada janji - janji pramuka, serta kegiatan pramuka yang ia  ikuti tidak menyalahi aturan.

lalu apa itu Kepramukaan..?

Kepramukan adalah ilmu yang mempelajari pramuka, istilah Kepramukaan digunakan untuk mempelajari ilmu dan materi pramuka sehingga dalam kegiatan pramuka biasanya materi yang di ajarkan tidak jauh dari hasil pengamalan di dalam kehidupan sehari-hari sifatnya pun tidak terbatas.
misalkan dalam ilmu kepramukaan di ajarkan bagaiman caranya baris berbaris, bagaimana caranya upacara.

Sifat kepramukaan sering kali di ajarkan bagaimana caranya agar materi dan pelajaran pramuka dapat kita amalkan di kehidupan sehari-hari sehingga kepramukaan sering di sebut sebagai Ilmu Yang mempelajari Pramuka.

Kesimpulannya adalah ..?

Pramuka dan kepramukaan memang 2 hal yang saling bedampingan, kedua istilah ini tidak bisa saling di pisahkan Pramuka adalah orannya dan Kepramukaan adalah kegiatan atau materinya yang di ajarkan, ketika ada seseorang yang ingin memecah belah pramuka dan kepramukaan maka itu tidak akan bisa, karena tanpa pramuka , maka kepramukaan bukanlah pelajaran pramuka yang sempurna, begitupun sebaliknya.

Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Perbedaan Pramuka dan Kepramukaan"