Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengenalan Kim pada siaga


Kim adalah salah satu permainan yang di mainkan untik melatih alat indra pada manusia sehingga permainan ini akan berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan indra manusia itu baik ini penjelasan mengenai kim dari berbagai sumber:

Berikut adalah penjelasan mengenai bentuk permainan KIM.
1.      KIM Penglihatan

KIM Lihat adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Mata. Dalam pelaksanaannya, KIM Lihat membutuhkan ketajaman indera mata manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah (a) melihat beberapa benda dalam waktu yang sesaat, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya, (b) membedakan warna – warna benda, (c) mengingat beberapa benda atau barang yang hampir sama, dan sebagainya.

2.      KIM Penciuman

KIM Cium adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Hidung. Dalam pelaksanaannya, KIM Cium membutuhkan ketajaman indera hidung manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah mencium beberapa benda dalam waktu yang sesaat, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya. Benda – benda yang dimaksud biasanya merupakan benda – benda yang memiliki aroma yang khas seperti bumbu – bumbu dapur, wewangian, bunga – bunga, buah – buahan, obat – obatan, dan sebagainya.

3.        KIM Perasa

KIM Rasa adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Lidah. Dalam pelaksanaannya, KIM Rasa membutuhkan ketajaman indera lidah manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah merasakan beberapa benda dalam waktu yang sesaat, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya. Benda – benda yang dimaksud biasanya merupakan benda – benda yang memiliki rasa yang khas seperti bumbu – bumbu dapur, wewangian, bunga – bunga, buah – buahan, obat – obatan, dan sebagainya.

4.        KIM Peraba

KIM Raba adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Tangan, Kaki, atau bagian tubuh lain manusia yang memiliki tingkat sensivisitas terharadap rangsangan raba dari beberapa benda. Namun dalam beberapa pertemuan pramuka, tangan yang lebih sering digunakan. Dalam pelaksanaannya, KIM Raba membutuhkan ketajaman tangan manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah dalam keadaa mata tertutup, manusia meraba atau memegang berbagai benda dan mencoba mengingat dan menyebutkan kembali atau benda – benda yang akan diingat atau ditebak dimasukkan ke dalam kantong tertutup atau boks, kemudian mencoba mengingat atau menyebutkan kembali, dan sebagainya.

5.        KIM Pendengaran

KIM Dengar adalah salah satu bentuk permaian KIM yang melibatkan indera melihat manusia, yaitu Telinga. Dalam pelaksanaannya, KIM Dengar membutuhkan ketajaman indera telinga manusia untuk melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah (a) mendengarkan berbagai macam bunyi – bunyian, dan kemudian mencoba mengingatnya kembali atau langsung menyebutkannya, (b) membedakan berbagai suara alat musik, (c) membedakan beberapa peristiwa atau kegiatan dari suara yang didengar seperti suara kayu yang digergaji, suara pintu yang sedang dibuka atau ditutup, suara orang jalan, dan sebagainya.

6.        KIM Kombinasi
KIM Kombina merupakan salah satu bentuk permainan KIM yang melibatkan beberapa indera yang dimiliki manusia atau dengan kata lain merupakan gabungan dari berbagai macam KIM di atas. Untuk dapat menguasai KIM Kombinasi, butuh latihan yang lebih untuk mempertajam panca indera yang dimiliki manusia.

Demikian sedikit informasi mengenai penjelasan macam – macam kegiatan KIM pada kegiatan pramuka. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan cakrawala pembaca mengenai materi dasar KIM. Semoga pula dapat menambah motivasi adik – adik dan kakak – kakak penggiat pramuka untuk tetap mengembangkan kegiatan Pramuka.

Taufiq Mauliadi
Taufiq Mauliadi Adalah seorang penulis di guruasik.com, yang suka mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan teknologi, toturial, android, ilmu pendidikan di era digital, membutuhkan ketelitan dan kesabaran untuk menggapai semua yang saya impikan

Post a Comment for "Pengenalan Kim pada siaga"